Mengubah Mindset Pekerja Menjadi Pengusaha Kreatif

Mojokerto – centralberita.id – Pelatihan peningkatan kapasitas pemuda dalam rangka mengubah “Mindset Pekerja Menjadi Pengusaha Kreatif “,bertempat di Desa Purwojati ,Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto ,Propinsi Jawa Timur.
Dalam pelatihan tersebut memberikan ruang untuk pemberdayaan menuju dan menjadikan pengusaha handal bagi para pemuda – pemudi , tokoh masyarakat dan perangkat desa .
Acara pelatihan ini di buka langsung oleh bapak Karsono selaku pembawa acara yang juga salah satu dari perangkat desa.

“Sugeng Hariyanto ( Kepàla Desa Purwojati ) mengungkapkan bahwa pelatihan ini digelar dalam rangka meningkatkan kreativitas masyarakat khususnya para pemuda agar bisa menjadi pengusaha handal .Pemuda harus bisa ber-kreatifitas dan bisa merubah” mindset karyawan menjadi pengusaha,ungkapnya. Dengan diadakan pelatihan ini agar peserta untuk mengikuti pelatihan ini dengan serius,agar hasilnya dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat banyak.Semoga acara pelatihan ini bisa menjadikan lahan pekerjaan baru menuju ekonomi kerakyatan dan menjadi pengusaha sukses.Harapan saya buat seluruh peserta agar berlatih yang serius, kalau tidak jelas dan tidak mengerti tanyakan ke narasumbernya sampai sejelas jelasnya sampai faham benar, ucap Kepala Desa” Sugeng Hariyanto dalam acara pelatihan tersebut


Acara di lanjutkan dengan  penyampaian materi oleh Nara Sumber” SANAD” ( Usahawan) yang juga salah satu Direktur Ngoro Bangkit Ber~Aksi ( NBB)
Adapun materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :
1. Mengembangkan pola pikir 
dengan visi dan misi yang jelas serta ter-arah ,bahkan harus dibangun dengan pola pikir lebih maju,merancang visi dan misi. Untuk menentukan sebuah tujuan yang relevan,jelas dan terukur sesuai dengan kemampuan potensi diri. Setiap ada peluang lakukan secara proaktif pendekatan dengan orang –orang yang sukses agar dapat menuntun menuju masa depan yang lebih cerah dan melihat dengan jelas langka sukses menuju kedepan sering kali memiliki pemikiran untuk memiliki usahanya sendiri tetapi tidak banyak yang benar-benar mewujudkannya, biasanya terlalu lama memikirkan apa yang mereka miliki sehinga terjadi bimbang takut salah, takut rugi, takut gagal dll. 
2. Mengembangkan keingintahuan informasi yang baik dan positif Untuk bertanya pada diri sendiri Apakah keyakinan anda bisa membantu dan mendukung keyakinan anda dengan kondisi saat sekarang,itu harus dikembalikan pada diri sendiri. Berfikir dengan tenang agar anda bisa menemukan informasi yang paling terbaik dibidang yang ingin anda geluti dan carilah informasi yang positif ungtuk pengembangan pola pikir yang maju, setelah anda mendaptkan informasi tersebut pelajarilah dengan fokus jangan pernahbimbang atau ragu bila ada yang membuat andak tidak yakin dengan kesuksesan anda,maka anda harus mencari siapa orang yang membatasi sehingga anda tidak yakin. Anda juga harus mencari siapa saja yang telah merubah diri anda untuk menjadi lebih baik, ambil keputusan yang sesuai dengan keterampilan yang anda miliki
3. Seorang pekerja harus mengubah dan mampu proteksi pola pikir dirinya,tidak sedikit orang yang ingin mengubah dunia tetapi ia lupa bahwa yang harus diubah terlebih dahulu adalah pola pikirnya sendiri,karena pola pikir saat ini bisa menentukan masa depannya, Selanjutnya harus mampu melindungi pola pikir dari informasi yang kurang baik dan berlawanan dengan yang diyakini lalu menjaga rasa percaya diri karena hal ini mempunyai pengaruh besar pada diri sendiri. 
4. Carilah Panutan Yang Terbaik Baik Itu Tokoh,idola atau orang – orang terdekat bisa mencari tokoh,idola atau orang – orang terdekat yang menjadi pembisnis  sukses sesuai dengan bidang yang diinginkan dan bisa dijadikan panutan. Pelajari cara mereka berfikir dan bertindak ambillah nasehat yang baermanfaat untuk dijadikan inovasi baru yang mencerahkan.
5. Masa depan cemerlang Belajarlah menguasai uang dengan menguasai uang membebaskan kita dari rasa takut dan tamak akan uang tidak menjadi budak uang, bahkan bisa menjadi tuan uang atas uang yang dimiliki sehingga bisa mencapai keamanan finansial sebagai mana yang didambahkan oleh semua orang. Bekerjalah semata – mata untuk mendapatkan uang tetapi jangan terikat terhadap uang atau tamak akan uang maka belajarlah cara menguasai uang.
Nampak hadir juga pemateri dari Sahabat Nara Sumber “Mas Nurkholis dan “Mas Opie , bahwa Kita harus mampu merubah pola pikir kita sesuai dengan kemampuan dan kemauan kita, jangan jadi orang lain jadilah diri sendiri sehinga kita bisa mengatur dan mengedalikan pola pikir Banyak yang bisa menginpirasi kita salah satu yang puna KFC dia mantan angkatan laut tetapi dia bisa sukses setelah usia 60 th. Apakah anda-anda ini yang masih muda tidak mempunyai keinginan sukses atau hanya ingin menopang hidup adri orang tua aja karena usia produktifitas pembinis adalah diusia 35 th sampai 45 th lalu apakah anda ingin maju atau sebaliknya jawabannya di anda sendiri. ” imbuhnya.”Mas Opie” yang juga pemateri handal memberikan wawasan luas terkait banyak permasalahan yang harus dicarikan solusinya salah astunya adala tentang pengolaan sampah,terutama sampah plastic yang semua ada nilainya ekonominya, apakah disini ada yang buang sampah tak terurus kalau ada mari itu kita jadikan peluang usaha muda – mudi jangan tergantung kerja pada perusahaan atau pabrik karena saya sudah mengalami sendiri betapa capeknya kerja dipabrik, udah ditarget, dimarahi diatur dll. Ungkapnya.

Kini dengan adanya Ngoro Bangkit Beraksi ( NBB) ,mari kita kerjasama menciptakan lapangan perkerjaan sendiri kata, Mas Sanad ( Direktur NBB) diawal tadi apakah kita mau besar seperti Gajak tetapi kita jadi ekornya atau kita kecil seperti semut tetap kita jadi kepalanya, Silahkan direnungkan sendiri bahwa dari pelatihan ini kita harus beruba menjadi sukses dan sejahterah atau kita diam diri dan ditinggal sama yang lain.
Dengan berbuat sekecil apapun untuk pengelola’an sampah itu sudah menjadi motivasi sendiri,karena selain menyelamtkan lingkungan hidup juga bisa berinovasi baru missalnya yang sudah saya lakukan dengan NBB memilah sampah untuk dijadikan batako dll. Karena jelas bahwa NBB mempunyai visi ” Menumbuh-kembangkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pemanfaatan sumber daya secara arif dan bijaksana menuju terwujudnya pemberdayaan ekonomi berbasis kerakyatan, kesejahteraan, Mental Ideologi, Pendidikan dan pembangunan yang berkelanjutanuntuk mencapai sebuah visi maka diperlukan misi antara lain :
1. Menyelenggarakan pendidikan informal dibidang ekonomi,sosial budaya dan pelestarian lingkungan hidup
2. Mewujudkan masyarakat yang partisipatif dalam kegiatan ekonomi berbasis kerakyatan dan wawasan kebangsaan.
3. Merubah pola pikir masyarakat tentang kepedulian terhadap sumber daya alam melalui upaya -upaya sosial,ekonomi,seni budaya, pendampingan, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.
4. Menciptakan peluang usaha bagi diri sendiri maupun masyarakat lainnya dibidang kerja kreatif dan produktif secara swakelola serta pendayagunaan lahan tak produktif.Semoga dengan adanya pelatihan ini bisa merubah pola pikir anda  lebih kreatif dan lebih maju,yang semula bermental menjadi pekerja setelah pelatihan ini akan membuka peluang usaha baru yang menjanjikan untuk masa depan anda dan bangsa.
( Redaksi )