DPRD Sintang Bentuk Panitia Khusus RDTR

SINTANG (Kalbar), Centralberita.id Bertempat di ruang sidang Gedung DPRD Sintang, Senin pagi (06/05/2020) Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny memimpin rapat paripurna ke-12 masa persidangan 1 dalam tahun 2020. Yaitu dalam rangka pembentukkan panitia khusus DPRD.

“Dalam hal ini, di DPRD memang sudah ada peraturan yang menyatakan salah satu fungsi DPRD ialah melakukan pembentukan Perda bersama Bupati dalam format panitia khusus (Pansus) DPRD. Untuk pembentukannya, DPRD harus menetapkan susunan pengurus Pansus dalam suatu rapat paripurna DPRD, itulah yang kita lakukan hari ini,” kata Ronny.

Ronny menjelaskan bahwa Panitia khusus tersebut untuk membahas satu rancangan peraturan daerah, dalam hal ini yang akan dibahas itu tentang Raperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk perencanaan pembangunan industri Sungai Ringin

Melalui proses ini, sudah ada beberapa nama calon anggota Pansus diajukan terlebih dahulu oleh fraksi-fraksi yang ada di DPRD. Hingga dalam hasil rapat ini dipilih dan dibuatlah susunan pengurus di dalam Pansus tersebut. Juga menyepakati hasil keputusan bahwa untuk ketua Pansus tersebut yaitu Toni dari Fraksi Golkar dan wakil ketua Pansus dijabat oleh Zulkarnain dari Fraksi Hanura.

“Untuk selanjutnya, Pansus akan rapat-rapat baik itu internal dan secara bersama-sama dengan satuan perangkat kerja dari Pemerintah, membahas Raperda ini, mempertimbangkan saran dan pendapat yang ada dan nantinya akan mengajukan hasil bahasahnnya dalam rapat paripurna lagi untuk disetujui bersama oleh semua pihak dan kemudian dilakukan proses penetapan raperda menjadi Perda,” ucap Ronny.

Ronny berharap semoga proses kerja ini dapat berjalan sesuai dengan aturan dan bisa menghasilkan suatu peraturan yang penting khususnya yang ada di wilayah kawasan Industri Sungai Ringin. (Bostang)