Surat Edaran Bupati ,SATPOL PP Mengikuti Cegah COVID-19


Banyuwangi, Centralberita.id – Sejumlah Siasat dan Strategi terus dilakukan oleh semua pemerintahan di Seluruh Dunia untuk menanggulangi imbas Virus Corona atau Covid-19.

Tak tanggung-tanggung, salah satunya adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Banyuwangi menindaklanjuti Instruksi Surat Edaran (SE) Bupati Nomor 440/552/429.112/2020, yang telah membentuk Tim Pengamanan Covid 19 untuk melakukan Pemantaun, Pengawasan dan Pengendalian di Wilayah Kota Banyuwangi.

Tentang Penutupan dan pengaturan sementara kegiatan hiburan dan usaha yang menjadi berkumpulnya massa dalam rangka pencegahan, penyebaran Wabah Virus Corona/ Corona Virus Disease (Covid – 19).

Di dalam Surat Edaran Bupati tersebut sasaran adalah, Pasar Modern, Maal, Mini Market, Alfamart, Indomaret, Cafe, Tempat Futsal dan Pedagang Kaki Lima (PKL) yg jualan nasi bukus, mei ayam dan lain lain.

Untuk Pasar Modern, Mall/ Swalayan, Mini Market, Alfamart, Indomaret buka jam 10.00 WIB tutup jam 18.00 WIB. Sedangkan untuk PKL nasi bungkus, mei ayam dan sebagainya boleh jualan tapi tdk boleh di makan di tempat (Di bingkus di bawa pulang).

Seperti yang di jelaskan oleh Kasi Penindakan Satpol PP Banyuwangi Rifa’ i di sela sela kesibukannya malam ini, Kamis (09/04/20) menyatakan bahwa, Giat ini akan kami lakukan selama Corona masih ada.

” Tujuan di bentuknya tim ini adalah memutus mata rantai penyebaran Covid 19 yang sekarang menjadi wabah internasional. Giat ini dilakukan secara Continue selama penyebaran Covid 19 masih menyebar luas, ” terang Rifa’ i dengan nada serius.

Jejaring Pengamanan Sosial pun disiapkan oleh pemerintah. Instruksi dari Bupati tentang langkah Perlindungan Sosial dan Stimulus ekonomi menghadapi Covid-19 yang menjadi fokus giat kami.

“Demi Kesehatan Masyarakat Banyuwangi kami harus melakukan yang terbaik, ini adalah salah satu dari berbagai cara yang sudah kami lakukan dan harus kami lakukan secara terus menerus, ” imbunya lagi.

Rifa’i juga menjelaska bahwa, Satpol PP adalah perangkat Pemerintah Daerah yang wajib memelihara ketentraman dan ketertiban umum serta menegakkan Peraturan Daerah. Mengingat saat ini seluruh lapisan masyarakat di hadapkan dengan situasi mencekam karena Covid 19 ini, maka dari itu Satpol PP bertindak tegas sesuai dengan Instruksi Surat Edaran Bupati kepada seluruh warga masyarakat agar mematuhi apa yang di anjurkan oleh pemerintah. (Oni)