Desa Aliyan Gudang Seni ,Patut Di Apresiasi

Banyuwangi, Centralberita.id – Bencana nasional pandemic Corona yang telah melumpuhkan seluruh sendi – sendi kehidupan rakyat di negeri ini, membuat pemerintah Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur, itu, tergerak nuraninya kemudian menyembulkan kepedulian kolektif demi meringankan beban rakyatnya atas imbas wabah COVID-19, tersebut.

Tepat pukul 15,00 WIB, sebanyak 46 [ empat puluh enem ] pelaku seni di desa tersebut, diundanghadirkan oleh pemdes Aliyan di balairung desa untuk menerima bantuan sembako, berupa 1 zak beras punel berbobot 5 kilogram, dan bahan – bahan pokok lainnya. Tak hanya itu, salah satu ‘wakil rakyat’ Banyuwangi dari bendera PDIP, Salimi, juga ikut peduli berbagi sembako dan masker kepada para pelaku seni tersebut.   

Sementara itu, di sela sela kesibukannya Kepala Desa Aliyan Anton Sujarwo SE, ketika berbincang bersama Centralberita.id di pendopo desanya usai aksi peduli pada pelaku seni itu, men – jelentreh – kan bahwa kepedulian yang dibuktinyatakan dan dana murninya berasal dari pemdes Aliyan, tersebut, jangan dilihat dan dibaca materinya, tetapi lebih pada nilai kepeduliannya.

“Jangan dilihat benda yang diberikan, tapi mohon dinilai atas nilai kepeduliannya,” ucap orang nomor satu di Desa Aliyan, itu ketika menjawab pertanyaan Centralberita.id Jumat, 17 April 2020. 

sembako kepada komunitas pelaku seni itu merupakan bentuk nyata kepedulian pihaknya atas imbas Coronavirus yang berdampak pada para pelaku seni di Desa Aliyan.

Masih ucapnya, lebih dari itu, pihak pemdes Aliyan, sangat mengapresiasi atas prestasi seni mereka yang pernah dilakonkan hingga di level nasional, bahkan hingga melanglang ke luar negeri sebagai duta seni yang mengharumkan nama desanya.

“Sesungguhnya kami tidak berlebihan kepada para pelaku seni yang lahir dari Desa Aliyan, ini, untuk diapresiasi prestasi besarnya kemudian dibuktinyatakan dengan peduli berbagi sembako, ketika terjadi wabah nasional Coronavirus seperti sekarang, ini,” ucap Anton berurai – urai.

Ketika puncak wawancara, Kepala Desa Aliyan, Anton Sujarwo, SE, mengatakan bahwa aksi peduli atas imbas COVID-19, tersebut adalah kali pertama yang langsung ditepatsasarkan kepada para pelaku seniman yang lahir dari desanya.

“Matur nuwun dan kami sangat apresiatif atas kerja dan prestasi para seniman dari Desa Aliyan,” pungkas Anton, bangga ketika memungkasi wawancaranya bersama Suara Media Nasional, Jumat, 17 April 2020.

Pungkasnya lagi, Desa Aliyan adalah salah satu ‘gudang’ seniman di Banyuwangi yang telah berkontribusi positif, baik di tingkat nasional maupun global. (Oni)