Covid-19 Tak Hanya Mengancam Jiwa, Tetapi Juga Berdampak Pada Perekonomian Yang Ada Di Nanga Pinoh

MELAWI (Kalbar), Centralberita.id Sat Reskrim Polres Melawi melaksanakan Bhakti Sosial Peduli Kasih di Yayasan Bhakti Luhur Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Kamis (07/5/2020) pagi.

Kegiatan ini meliputi penyerahan bantuan sembako kapada Yayasan Bhakti Luhur, berupa beras, mie instan, telur dan minuman kaleng yang diserahkan langsung oleh Kasat Reskrim Polres Melawi AKP Primastya Dryan Maestro, S.I.K beserta Anggotanya.

Aksi ini dikakukan oleh Polres Melawi secara rutin mengingat pandemi Covid-19 bukan hanya mengancam keselamatan jiwa masyarakat, namun juga mengancam ketahanan ekonomi masyarakat secara luas.

“Akibat pandemi ini golongan masyarakat yang paling terkena dampaknya adalah golongan ekonomi masyarakat menengah kebawah, Sebagian besar mereka yang bekerja disektor informal. Penghasilan mereka tidak hanya turun namun juga tidak memiliki penghasilan sama sekali,” ungkap Kasat Reskrim Polres Melawi.

Kasat Reskrim Polres Melawi juga menambahkan bahwa Yayasan dan Pondok Pesantren yang ada, sangat merasakan dampak nyata akibat pandemi Covid-19 tersebut.

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H melalui Kasat Reskrim AKP Primastya Dryan Maestro, S.I.K menyampaikan sebagai upaya meringankan beban perkonomian masyarakat yang terdampak virus Corona, Satreskrim Polres Melawi tergerak melakukan aksi sosial dengan menyalurkan sembako ke panti asuhan Yayasan Bhakti Luhur Nanga Pinoh.

“Dalam kegiatan ini selain menyalurkan sembako, Kami juga memberikan edukasi kesehatan dan menyampaikan protokol kesehatan kepada Para Pengurus Yayasan agar bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di Yayasan. Dengan menerapkan protokol kesehatan, Kami berharap Yayasan ini terbebas dari Virus Corona,” pesan Kapolres Melawi.

Ditambahkan AKBP Tris Supriadi, SH dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 diperlukan langkah bersama untuk mengurangi potensi penularan antar orang ke orang. Berkaitan dengan hal tersebut, AKP Primas menghimbau agar selalu menggunakan masker ketika melakukan kegiatan.

“Karena masker medis persediaanya terbatas, maka gunakan masker kain minimal dua lapis. Selanjutnya masker kain yang digunakan tersebut mesti dicuci setiap hari. Jika hal tersebut dilakukan, Insyaallah kita turut dapat menghentikan penularan Covid-19,“ pungkasnya.

Suster Alma yang merupakan Pengurus Yayasan Bhakti Luhur Nanga Pinoh mengucapkan terimakasih atas kunjungan Kasat Reskrim beserta Anggotanya. Dalam silaturahmi sekaligus memberikan bantuan dalam situasi pandemi covid-19. Suster Alma juga berharap pandemi Covid-19 cepat berakhir dan semuanya bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.

Penulis: Supardi N

Editor: Christian Bostang Hutagaol