Camat Belitang Berpesan Masyarakat Yang Menerima BLT Dana Desa Harus Tepat Sasaran

SEKADAU (Kalbar), Centralberita.id Sebagai upaya tindak lanjut dari proses percepatan perencanaan Desa dalam upaya membantu masyarakat yang kurang mampu yang ada di Desa, kembali pada Selasa pagi (12/05/2020) Pemerintah Kecamatan Belitang menggelar rapat koordinasi sosialisasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa atau disingkat dengan BLT DD.

Rapat koordinasi tersebut juga dihadiri Kapolsek Belitang, Danramil Belitang, Para Kepala Desa, BPD, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini Camat Belitang Hermansyah M, SE menyampaikan beberapa arahan dan himbauan berkaitan dengan penegasan dalam penyaluran BLT tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak dan ibu-ibu semuanya yang telah menghadiri dan meluangkan waktunya dalam acara rapat kita kali ini membahas tentang Bantuan Langsung Tunai dengan menggunakan dana desa. Bapak ibu yang saya hormati pada saat ini memang kita dihadapkan dengan persoalan-persoalan global tentang kesehatan,” ungkap Hermansyah.

Hermansyah juga mengatakan bahwa 210 negara didunia terkena wabah pandemi virus Corona tidak terkecuali yang terjadi di Indonesia.

“Jadi sampai saat ini memang banyak hal-hal dan upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat terhadap pemutusan mata rantai virus Corona di Indonesia,” ungkap Hermansyah.

Camat Belitang juga menghimbau melalui rapat koordinasi tersebut merupakan salah satu upaya dari peraturan pemerintah pusat bagaimana hajat hidup orang banyak itu tetap hidup terutama masyarakat kurang mampu atau miskin.

“Hingga Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengeluarkan Peraturan Menteri Desa nomor 6 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2020 ini menggantikan Peraturan Menteri Desa PDTT nomor 11 tahun 2019 kemarin tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2020,” jelas Hermansyah.

Hermansyah juga menjelaskan ada tiga poin yang sangat penting dalam peraturan tersebut yang pertama adalah penanganan dan pencegahan Covid-19 tahun 2020 dalam hal ini di Desa telah membuat program yaitu Desa Tanggap Corona.

“Prioritas penggunaan Dana Desa itu mengacu kepada program Padat Karya Tunai Desa. Karena semua kegiatan Desa itu diswakelolakan kepada masyarakat setempat.

Lebih lanjut dalam rapat koordinasi tersebut Camat Belitang menyampaikan bahwa bagaimana pemerintah memperhatikan hajat hidup masyarakat dan rakyat Indonesia sehingga dikeluarkan instruksi untuk dapat memberikan bantuan apa yang disebutkan dengan nama Bantuan Langsung Tunai dengan menggunakan Dana Desa.

Harapan Hermansyah berdasarkan alur regulasi nasional dari pemerintah pusat tersebut agar Bantuan Langsung Tunai tersebut disalurkan tepat sasaran kepada penerima manfaat yang secara langsung menerima bantuan tersebut. (Anton)

Editor: Christian Bostang Hutagaol