Ketika “Social Distancing” Management Roxy Siap Bersaing


Moh. Andi Yasa S.pd Salah Satu Sekuriti di Pusat Perbelanjaan di Roxy.

BANYUWANGI, Centralberita.id – Pada saat Centralberita.id berdiri di salah satu pusat perbelanjaan di jantung kota Banyuwangi, Jawa Timur, ternyata masih saja berjubal dan berderet antrean panjang ratusan pengunjung yang berbelanja di Supermarket tersebut meski secara protokoler dilarang ‘menciptakan’ dan kemudian mendatangi keramaian massa ketika di negeri ini tengah menghadapi pandemic COVID-19.

Catatan Centralberita.id, sesungguhnya, ketika mengacu pada hasil aplikasi tentang data sebaran COVID-19 di Banyuwangi, ternyata sejumlah wilayah kelurahan dan desa di kabupaten ini tercatat sebagai zona merah.  

Saat itu, Senin, 11 Mei 2020, pukul 15.00 WIB, mata kamera Centralberita.id, juga membidik area lahan parkir yang penuh sesak dan berjajar ‘deret’  kendaraan bermotor, utamanya, roda dua.

Salah satu pengunjung yang enggan di – online – kan namanya mengatakan bahwa kini ketika semua orang dianjurkan untuk beraktivitas di rumah saja dan dilarang keluyuran yang tidak perlu, dirinya bersama keluarga berbelanja di Roxy,  tersebut juga was – was ketika berada di antara kerumunan dan keramaian seperti di mall terbesar dan teramai di Banyuwangi, itu.

“Sebetulnya kami juga khawatir atas larangan mendatangi pusat – pusat keramain seperti ini. Tapi gimana lagi, wong namanya mau lebaran,” dalihnya ketika ditanya Cetralberita.id, di halaman parkir di pusat perbelanjaan Roxy, Banyuwangi, Senin, 11 Mei 2020.

Ucapnya lagi, sesungguhnya dirinya bersama keluarga berbelanja di pusat keramaian seperti itu, merasa tidak nyaman meski ketika di hendak masuk ke dalam mall selalu diatur jarak antrenya dan sekaligus ‘ditembak’ dahinya dengan alat tes suhu.

Salah satu penjaga mall Roxy, Moh.Andi Yasa, S.Pd, ketika ditanya Centralberita.id, terkait berjubal dan antrean panjang para pengunjung yang hendak shopping di Roxy, itu, mengatakan bahwa pihaknya telah mematuhi seluruh aturan protokoler demi memutus penyebaran wabah Coronavirus, tersebut.

Masih menurut security tersebut kepada Centralberita.id, bahwa meski banyak pengunjung yang antre di mall itu, pihaknya telah menerapkan physical dan social distancing yang ketat dan terukur.

“Silakan lihat, para pengunjung sebelum berbelanja terlebih dahulu diperiksa suhu dan selalu menjaga jarak dengan menginjak gambar sepasang kaki yang menempel di lantai, itu,” terang sekuriti tersebut ketika menjawab pertayaan media Centralberita.id ini, Senin, 11 Mei 2020.

Ketika ditanya bahwa apakah dengan procedural seperti itu sudah aman dari dampak ketertularan wabah COVID-19, mengingat para pengunjung yang mengunjungi mall Roxy tersebut tidak hanya datang dari sekitar kota Banyuwangi saja tetapi mereka juga datang dari wilayah yang jauh dari pusat kota.

“Hingga hari ini tidak pernah tercatat seorang pengunjung pun yang positif,” pugkas security di pusat perbelanjaan termegah dan paling ramai yang di kunjungi masyarakat Banyuwangi, itu. (ONI)