Sebanyak 121 WNI PMI Di Pulangkan Dari Malaysia

SANGGAU (Kalbar), Centralberita.id Kembali lagi terjadi (WNI) Warga Negara Indonesia ataupun Pekerja Migran Indonesia (PMI) dipulangkan oleh negara tetangga dari Malaysia karena bermasalah non prosedural. Sebanyak 121orang yang saat ini sudah usai menjalani proses hukum yang berasal dari provinsi KaL-Bar tentunya melalui (PLBN) Pos Lintas Batas Negara Entikong Sanggau Kalimantan Barat.

Namun hal itu tidak mengurangi rasa keberatan bagi pemerintahan negara Malaysia untuk segera memulangkan WNI yang bermasalah tersebut,walaupun ditengah maraknya wabah virus Corona yang sedang mengancam setiap hidup manusia saat ini.

Adapun sebanyak 121 orang WNI,yang tentunya sudah usai menjalani proses hukum diKalBar ini hingga dipulangkan oleh negara tetangga yakni Malaysia, itupun disebabkan WNI sebagai (PMI) Pekerja Migran Indonesia Non prosedural sudah jelas tidak memiliki ijin dokumen lengkap.Kemudian untuk lebih jelasnya data WNI yang tidak memiliki pasport dan Permit diantaranya yang pertama yaitu sebanyak 30 orang tidak memiliki paspor,90 orang tidak memiliki permit, 1 orang judi onlien.

Selanjutnya dari 102 orang terdiri dari laki-laki dan untuk perempuan ada 19 orang.Tidak berhenti sampai disitu saja masih ada 9 orang berasal dari Kabupaten Bengkayang, 1 orang asal dari Kayong Utara, 11 Orang berasal dari Kubu Raya,7 orang berasal dari Landak,12 orang berasal dari Mempawah,3 orang berasal dari Pontianak, 63 orang berasal dari Sambas, 9 orang berasal dari Singkawang,5 orang berasal dari dari Sanggau dan terakhir 1 orang dari Sintang.

Adapun dengan setibanya dipintu masuk PLBN entikong khususnya bagi para PMI yang bermasalah tersebut,sudah tentu harus melalui tahap pemeriksaan protokol ketat kesehatan dalam pencegahan wabah covid-19 dengan menyemprotkan cairan disinfektan keseluruh bagian badan terutama pada lengan tangan,suhu tubuh serta diadakan pendataan secara detail dari petugas yang menanganinya.

Menurut penjelasan dari Reinhard HP Panjaitan, yang mana beliau juga sebagai Koordinator P4TKI Entikong memberikan penjelasan atas kepulangan WNI dari Malaysia tersebut.

“Hari ini kami dari P4TKI Entikong berserta anggota Satgas Pemulangan Para PMI yang bermasalah tentunya menerima kembali atas Pemulangan PMIB dari Malaysia sebanyak 121 orang yang semuanya itu berasal dari Kalbar,” ungkapnya pada Sabtu (16/05/2020).

Ditambahkan Reinhard Panjaitan dikarenakan para pekerja Migran Indonesia dengan cara ilegal ataupun tidak memiliki dokumen lengkap yakni seperti pasport dan visa dengan kata lainya non prosedural,”terangnya.

Sementara itu menurut keterangan dari Gilda Ditya Asmara, yang merupakan Dokter Kesehatan Kantor pelabuhan kelas II Entikong juga memberikan pendapatnya.

“Seandainya bagi para PMI yang non Prosedural tersebut sebanyak 121 orang jika ditemukan ada memiliki tanda terinfeksi virus corona 19 seperti gejala demam,batuk dan pilek,maka kami akan melakukan RAPID test kepada mereka yang terjangkit covid 19 tersebut,” jelasnya.

Kemudian tanpa menunggu lama lagi, dari (BP2MI)Badan Perlindungan pekerja Migran Indonesia Kalimantan Barat dengan sigap melakukan pengawalan untuk Pemulangan PMI tersebut ke Dinas Sosial provinsi Kalimantan Barat Pontianak. Dengan begitu untuk fasilitas proses pemulangan para PMI dari BP2MI tersebut akan dengan mudah kembali pulang kedaerah asal tempat dimana mereka berada dengan aman dan selamat.

Penulis: Fernando Manurung

Editor: Christian Bostang Hutagaol