Gara Gara Pandemi Covid-19 Sebanyak 142 WNI Kembali Dipulangkan Dari Malaysia


ENTIKONG-centralberita.id- Tidak bosan-bosannya Pemerintah Negara Malaysia kembali memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) yang bermasalah yakni sebanyak 142 orang,gara- gara Pandemi Covid- 19 yang belum jelas kapan berakhirnya wabah tersebut terus mengancam hidup manusia.Sementara itu pemulangan WNI yang bermasalah hingga kini,sudah tentu telah usai menjalani proses hukum dari negara Malaysia melalui (PLBN) Pos Lintas Batas Negara Entikong. (20/5/2020).

Selanjutnya terhitung dari jumlah 142 orang WNI yang bermasalah tersebut diatas sampai dipulangkan kembali ke indonesia atas dasar mereka sebagai Pekerja Migran Indonesia yang ilegal.Adapun jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tidak memiliki Dokumen lengkap (Ilegal) diantaranya terdiri dari 116 orang laki- laki dan 26 orang perempuan.Kemudian untuk mengetahui lebih jelasnya keberadaan daerah asal bagi para WNI terutama dari provinsi KAL-BAR terdapat 84 orang,NTB 11 orang, NTT 2 orang,SUMUT 1 orang,JATIM 10 orang,JATENG 3 orang,JABAR 4 orang,SULSEL 20 orang,SULTENG 2orang,SULBAR 4 orang,dan terakhir LAMPUNG 1 orang.Belum berakhir sampai disitu,diyakini juga bahwa ada dari sekian WNI bermasalah yang tidak memiliki paspor tersebut berjumlah 24 orang dan yang tidak memiliki Vissa kerja atau Permit berjumlah 118 orang (PMI).

Demi untuk mencegah betapa bahayanya wabah covid-19 tersebut,para PMI di wajibkan untuk mengikuti proses tahapan protokol kesehatan terlebih dahulu sekaligus diadakan pendataan secara detail oleh petugas yang bewenang,tentunya dengan cara penyemprotan disinfektan pada barang bawaan milik pribadi mereka masing- masing, mencuci tangan,dan pemeriksaan suhu tubuh.
Koordinator P4TKI Entikong Reinhard HP Panjaitan menjelaskan” bahwa sebanyak 142 orang WNI bermasalah dipulangkan dari negara tetangga yakni Malaysia.Dikarenakan juga mereka adalah Pekerja Imigran Indonesia( PMI) yang tidak memiliki surat Dokumen perlengkapan yang sah seperti paspor dan vissa kerja,ungkapnya”

Selain itu”Pemulangan bagi para WNI yang bermasalah dari Negara Malaysia akan tetap berlanjut,walaupun ditengah Pandemi covid-19 ini masih saja berlangsung,ucap salah satu orang Supervisor TPI Entikong Ricky Himerly.
“Ia menambahkan sebagai mana informasi yang diterimanya, tentunya atas dasar Pemulangan WNI ilegal ini ke tanah air. Dan masih ada WNI-WNI lainnya yang masih ditahan namun itu semua sudah menjalani proses tahapan sesuai protokol virus corona-19,tuturnya.

Dengan demikian untuk Pemulangan PMI secara keseluruhan akan difasilitasi dengan Badan Perlindungan Migran (BP2MI) KAL-BAR dan kemudian akan dibawakan langsung kedinas Sosial provinsi Kalimantan barat Hingga kembali kampung halamanya masing- masing dengan aman dan Selamat sampai tujuan.( Fernando.M)