Giliran Kabupaten Sekadau Yang Terdapat Tiga Orang Terkonfirmasi Covid-19

 

SEKADAU (Kalbar), Centralberita.id Informasi kembali didapat media ini terkait perkembangan terkini penanganan wabah Covid-19 pada posko satuan tugas (satgas) Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sekadau Senin (25/05/2020).

Melalui juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sekadau yaitu Henry Alpius yang juga selaku Plt Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau melalui konferensi pers di ruang kerjanya memberikan beberapa penjelasan terkait perkembangan kasus tersebut.

“Bapak ibu media, masyarakat Kabupaten Sekadau yang terhormat pada hari ini Senin tanggal 25 Mei 2020 pukul 15:00 WIB ingin menyampaikan situasi terkini terhadap perkembangan penanganan wabah Covid-19 yang terjadi di Kabupaten Sekadau,” ungkap Henry Alpius.

Lebih lanjut Henry Alpius menambahkan bahwa laporan hasil pemeriksaan swab oleh Laboratorium Balai Besar Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Jakarta Dirjend Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) bahwa ada tiga pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayak Kabupaten Sekadau.

“Kasus 01 seorang pria berumur 21 tahun berasal dari Sungai Asam Desa Sungai Ayak Dua Kecamatan Belitang Hilir. Yang kedua kasus 02 seorang wanita berumur 18 dan beralamat yang sama dengan kasus 01. Kemudian yang ketiga yang terakhir kasus 03 seorang pria yang beralamat di pal 4 Sekadau Hilir,” jelas Henry Alpius.

Henry juga menjelaskan ketiga kasus tersebut merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) oleh karena ketiga orang tersebut tidak menunjukkan keluhan namun berpotensi menularkan.

“Dan mereka tersebut merupakan cluster jemaah Tabligh Kuala Lumpur yang hasil rapid test pada 7 April 2020 reaktif Covid-19 dan telah diambil swabnya untuk diperiksa pada tanggal 5 Mei dan 6 Mei 2020. Cluster terkonfirmasi ini merupakan Jemaah Tabligh di Kuala Lumpur Malaysia. Kemudian yang 2 orang masih menunggu hasil pemeriksaan swab,” ungkap Henry Alpius.

Henry Alpius menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Sekadau untuk tidak panik dan bersama-sama melakukan upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19 dan selalu mengikuti anjuran dari pemerintah untuk selalu menjaga jarak dan menggunakan masker ketika berpergian.

Sumber: Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sekadau

Editor: Christian Bostang Hutagaol