Kapolda Jateng Beserta PJU Polda Kunjungi Pos PAM OKC Sarang

SARANG (Rembang),centralberita.id – Kapolda Jateng Irjend Pol Ahmad Luthfi, S.H., S.St.,M.K. melakukan kunjungan di Pos PAM OKC dan Pos terpadu Covid-19 Kecamatan Sarang. Selasa (26/5/20)

Sekira pukul 14.40 wib rombongan Kapolda sampai di Pos PAM OKC dan Pos terpadu Covid-19, hadir pula dalam acara tersebut Bupati Rembang H.Abdul Hafidz dan Kapolres Rembang AKBP Dolly A. Primanto, S.H., S.I.K., M.H. dan Kabag Ops Polres Rembang Kompol Yohan Setiaji, S.H., M.H.

Dalam pembukaannya Kapolres Rembang
AKBP Dolly A. Primanto, S.H., S.I.K., M.H. mengatakan, serta mengucapkan selamat datang kepada rombongan Kapolda dan Kapolres exs wilayah Pati, dirinya juga menyampaikan pos pantau yang ada di jembatan timbang 500 mtr perbatasan Jatim – Jateng mengingat potensi kerawanan mudik tentunya ini sangat baik. “Terimakasih atas kerjasamanya dalam menjalankan tugas ini.” Ucapnya.

Lanjut Kapolres, perlu kita sampaikan program MPR dari Polres Rembang yang kita rekrut dari pemuda – Pemuda Rembang dan sudah kita sampaikan kepada Bupati untuk saling menjaga kesehatan. “Untuk kampung Siaga Kami lombakan dan ada 3 kades yang mendapat penghargaan, kerjasama gugus tugas covid-19 sangat baik.” Pungkasnya.

Sementara itu Bupati Rembang H.Abdul Hafidz juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapolda beserta rombongan dan Exs Wil Pati.” Bapak Kapolda begitu pulang dari sarang balik ke Polda langsung jadi Kapolda,” Ucapnya sambil gurau.

Ditambahkan, Bupati juga mengucapkan selamat hari raya idul Fitri kepada rombongan, selain itu bupati juga memaparkan kondisi diwilayahnya yang kurang lebih 110.000 Ha dan 635.000 Penduduk yang dalam penanganan covid-19 dalam hal ini pemerintah bersama Kapolres, Dandim yang saat ini masih ada 3 pasien banyak juga yang dirawat Rembang hasilnya negatif tinggal 1 orang hasilnya positif. ” Sampai saat ini masih 3 pasien namun Alhamdulillah hasilnya negatif dan tinggal 1 orang dan hasilnya positif, arahan dari Kapolda terus kami pedomani dan bekerja sama dengan jajaran TNI Polri, Rembang ini situasinya aman karena keterlibatan campur tangan dari TNI Polri, dan program MPR yang diluncurkan Kapolres.” Tuturnya.

Dalam acara tersebut Kabag OPS Polres Rembang Kompol Yohan Setiaji, S.H., M.H. memberikan Paparan TFG (Traffic Floor Game) menyampaikan, terkait penyebaran covid-19 bahwa di Polres Rembang ini kita berbatasan dengan wilayah Jatim Kab. Tuban Kec. Bulu dan Kec. Jatirogo. Untuk jalur Pantura dari Kaliori sampai dengan Sarang 64 Km, kita ada 2 pos di Sarang dan di Kaliori. Untuk penyekatan di Kab. Rembang mulai 1 April, untuk penyekatan di Sarang ini kita masukan kendaraan dan kita lakukan pemeriksaan, kemudian kita balikan ke arah timur. Terkait untuk arus mudik kita putar balikan namun ketika arus balik kita pulangkan sebaliknya, mengenai Pos PAM ini setiap harinya dijaga oleh 21 Anggota secara bergantian, sementara kendaraan yang masuk ke daerah Jawa tengah sejumlah 1.711 kendaraan, Kita juga sudah memberikan himbauan apabila ada kendaraan yang masuk akan di kembalikan.

Selanjutnya untuk rekan-rekan BKO dan Anggota jaga Pos PAM sampai saat ini masih sehat semua dan masig semangat dalam menjalankan tugas. Untuk Rumah Sakit dirembang yang dijadikan rujukan ada 2 yaitu RSUD dan RS. Bhina, namun apabila overload maka kami sudah menyediakan tempat berupa gedung Haji.

Sedikitnya ada 3 desa yang menyiapkan siaga covid-19 dan Kapolres sudah memberikan apresiasi ketiga Desa tersebut, personil pengamanan melibatkan 2.500 personil terdiri dari Personil Mako Polres, BKO Brimob dan Samapta Polda, serta instansi terkait,” tukasnya.

Dalam kunjungan nya Kapolda Jateng Irjend Pol Ahmad Luthfi,S.H., S.St.,M.K. memberikan arahan sekaligus ucapan terimakasih kepada Kabag Ops, terkait arus balik di pos pantau diantaranya, arus balik Bigbound nya Jateng adalah Rembang, juga kita harus melakukan screening secara bersih, ” Terimakasih Kapolres Rembang atas apresiasinya,” Ujarnya.

Kapolda juga menambahkan,Tolong nanti disamakan persepsi mana kala saya perintahkan suatu daerah merah satu maka Kasatwil harus melakukan inventarisir, kemudian tempat pemakaman kita siapkan sarana prasarana pendistribusian barang dan orang , maka anggota harus dilengkapi APD karena bersentuhan langsung dengan masyarakat,

Kerjasama dengan Pemprov atau Pemda bersama dengan rekan rekan TNI, seluruh jajaran akan bergerak bersama dalam menghadapi covid-19.

Lanjut Kapolda, setelah saya putuskan merah 2 maka kita harus mengamankan gudang sembako, Bank Bank dan PDAM, melakukan upaya preventif namanya sosial Banding, pengamanan yang kita laksanakan adalah tempat tempat sentral masyarakat.
Kalau sudah meningkat merah 3 maka diberlakukan lah sispam kota, gunanya untuk memotong masyarakat lain yg masuk ke wilayah kita karena dimungkinkan wilayah kita kaya sumber alam, dan juga gunakan sispam mako, bentuk lah sispam mako termasuk mapolsek jajaran, termasuk gunakan sosial Banding di wilayah kita. Pemberlakuan ini nantinya bertahap serta estansi Polres lain yg manakala situasi kita sudah tidak terkendali, yang tidak kalah pentingnya, mulai sekarang buat potensi konflik di wilayah masing-masing di Polda nanti akan saya buat Krisis center yang dikelola oleh Karo Ops. Gunakan media untuk memberikan berita yang menyejukkan. Tolong cek pos, tolong setiap hari berikan himbauan kepada anggota agar selalu bersikap preventif, Ia Pos PAM tolong dibuat ploting Anggota dan Provos Brimob bertugas mengamankan Pos dan pengawas Anggota yang bertugas,” Pungkasnya.

Selanjutnya acara penyerahan bingkisan kepada Anggota Pos PAM OKC dan Pos terpadu covid-19. Dilanjutkan pengecekan Pos PAM OKC dan Pos terpadu covid-19 oleh Kapolda dan rombongan, dilanjutkan ramah tamah

Kegiatan tersebut selesai pukul 16.10 WIB dengan berjalan aman, tertib dan kondusif.

Sumber: Hms
Editor: Maksum Af