Kecewa,Warga Sukomanunggal RT 03 RW 02 Surabaya Demo PT Formosa Sejati Logistik

Surabaya, Centralberita.id- Kecewa dengan aktivitas dan suara bising, Puluhan warga dari RT.03 RW.02 Kelurahan Sukomanunggal Surabaya melakukan aksi demo terkait keberadaan PT. Formosa Sejati Logistik yang berlokasi di jalan Sukomanunggal 107 pada hari jumat (29/5/2020) pukul 15.00 Wib.


Sebelum menjalankan aksinya, Warga berkumpul di gang samping lokasi untuk selanjutnya melakukan demo di depan PT. Formosa Sejati Logistik.


Dalam aksinya, warga di terima oleh Devi selaku perwakilan perusahaan, dan mengajak perwakilan beberapa warga untuk melakukan perundingan dengan di mediasi oleh Camat serta Lurah Sukomanunggal, Surabaya.
Pada perundingan tersebut, mayoritas warga menghendaki untuk menutup usaha Formosa yang dianggap telah melakukan polusi suara dan tumpukan kontainer yang terlalu tinggi dianggap membahayakan keselamatan warga, sehingga Warga resah dengan aktifitas PT. Formosa yang sering kali melakukan aktifitasnya sampai dengan larut malam.


Lakoli, Selaku Camat Sukomanunggal yang berperan sebagai mediator antara warga dan perusahaan juga memberikan beberapa win-win solution agar ada kesepakatan antara kedua belah pihak. “ disini saya hanya memberikan masukan kepada kedua belah pihak untuk bisa menemukan solusi terbaik antara keduanya. Bagaimanapun juga, kita masih bertetangga dan seharusnya melakukan perundingan untuk mencapai hasil terbaik,”ungkap camat Sukomanunggal.


Perundingan yang berjalan alot selama kurang lebih satu jam ini tidak menghasilkan kata sepakat antara kedua belah pihak. Atas saran dari Camat Sukomanunggal dan juga kesepakatan beberapa tokoh masyarakat, di dapat kesepakatan bahwa ketua RT 03 RW 02 akan melakukan kordinasi dengan warga sekitar, terutama mereka yang terkena dampak secara langsung, yang nantinya kesepakatan tersebut akan disampaikan kepada pihak perusahaan untuk dipertimbangkan.


Terpisah, saat wartawan media ini melakukan wawancara kepada warga yang rumahnya terdampak secara langsung, mayoritas warga menghendaki aktifitas perusahaan tersebut untuk di tutup.


“kalau saya sih pinginnya sudah tidak ada lagi aktifitas di tempat tersebut karena menimbulkan keresahan dan polusi, apalagi pihak perusahaan sama sekali tidak ada yang peduli untuk sekedar silaturahmi kepada warga yang terdampak secara langsung,” ungkap salah satu warga yang rumahnya berdekatan dengan PT. Formosa. (War/ Man)