Kampung Tangguh Asemrowo Ditinjau Langsung Kabaharkam Mabes Polri dan Kapolda Jatim

SURABAYA,centralberita.id – Dalam rangka mengecek kesiap siagaan penanganan penyebaran Virus Covid-19, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H. mendampingi Kabarhakam Polri, Komjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H, bersama rombongan Kapolda Jatim, Irjen Pol. Dr. M. Fadil Imran, M.Si, mengunjungi Kampung Tangguh yang berada di Jalan Asemrowo RT 01/ RT 06 Kel. Asemrowo Kec. Asemrowo Surabaya.

Kegiatan tersebut merupakan acara kunjungan kerja yang dilakukan pada Kampung Tangguh guna melihat langsung kesiap siagaan, dan sarana prasarana yang diperuntukkan sebagai titik terdepan untuk mencegah perkembangan Covid-19. Dalam Kampung Tangguh yang dikunjungi rombongan dari Mabes Polri adalah Kecamatan Asemrowo Surabaya.

kunjungan tersebut dihadiri, Kabarhakam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto, S.H., M.H, Kakorbinmas Polri, Irjen Pol Riyapudin Nursin, Kapolda Jatim, Irjen Pol Dr M Fadil Imran, M.Si, Dan Irjen Pol Drs. Risyapudin Nursin, S.I.K (Kakorbinmas).
Brigjend Pol Drs. Dr. dr. Rusdianto, M.M., M.Si., DFM (Kapusdokkes).
Brigjend Pol Verdianto Bitticaca, S.I.K (Danpas Pelopor Korbrimob Polri). AKP M. Ali Yusuf, S.H., S.I.K. (Sekpri Kabaharkam Polri). Serta Irjen Pol Drs. Djamaludin ( Wakapolda Jatim )
Brigjen. Pol. H. Sandi Nugroho, S.I.K., S.H., M.Hum ( Kapolrestabes Surabaya )
Kombes Pol Muhammad Firman SIK ( Karo Ops Polda Jatim)
Kombes Pol Slamet Hariyadi, S. IK., M. H., M. M. (Dir Intelkam Polda Jatim)
Kombespol Trunoyudo Wisnu Andiko, S. IK. (Kabidhumas Polda Jatim)
Kombespol Arnapi, S. H., S. IK., M. Hum. (Ditpolair Polda Jatim)
AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak beserta jajaran PJU, Danramil Kec. Tandes, Camat Asemrowo, Lurah Asemrowo Surabaya.

Menurut Kabarhakam Polri, Komjen Pol Drs Agus Andrianto, program Kampung Tangguh dengan tujuh Ketangguhan di di Kecamatan Asemrowo Surabaya, di harapkan dalam penanganan Covid-19 ini ada Gugus tugas Pusat, dan Daerah, kalau Gugus tugas Pusat kepala BNPB dan yang ketua Gugus tugas Daerah yaitu Gubernur.

“Jika kampung tangguh ini efektif dalam menangkal virus corona, maka akan dijadikan role mode dan akan di kembangkan di seluruh Indonesia lalu dalam hal ini polri mengelar Operasi aman nusa Dua diantaranya kasatgas pusat yaitu Kabarhakam di daerah Kapolda ,” Terangnya, Jumat Malam (29/5/2020).

Menurutnya, kunjungan Mabes Polri untuk melaksanakan supervisi di Jatim, guna mengetahui kebutuhan dalam penanganan Covid-19 sehingga curva Pandemi pada zona merah di Jawa Timur bisa menjadi turun dan Masyarakat Produktif serta aktif dalam menjaga kesehatan.

Untuk jumlah warga yang positif Covid-19 saat ini 18 orang dalam perawatan isolasi di RS Haji Sukolilo Surabaya, dan 21 orang isolasi secara mandiri.

AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H. menyampaikan, dengan binaan dari tiga pilar TNI, Polri dan Kecamatan Asemrowo, kampung tangguh ini akan jadi embrio ketahanan masyarakat, baik bidang kesehatan, keamanan dan bidang lumbung pangan serta ruang isolasi.

“Terimakasih kepada khususnya Camat Asemrowo Surabaya, agar binaan Kampung Tangguh jangan berhenti dalam penanganan Covid-19 namun bisa diagendakan untuk ketahanan lainnya,” Ujarnya.

Sementar itu, Kampung Tangguh dibentuk guna menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang Protokol Kesehatan dalam mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Dengan adanya Kampung Tangguh, diaktifkan Poskamling dan binaan dari tiga pilar Polri, TNI dan Masyarakat Asemrowo, sehingga memberikan manfaat selain berfungsi untuk mencegah atau screening masuk pendatang yang dimungkinkan, bahwa virus juga sebagai antisipasi tindak kriminalitas,” jelasnya.

Sambung Ganis, kami sudah mencanangkan Kampung Tangguh di seluruh Surabaya dan sudah dilaksanakan pembinaan terhadap Muspika terkait pengembangan Kampung Tangguh lainya.

“Kampung Tangguh merupakan role mode guna membangun kesadaran masyarakat dalam menangani Covid-19 serta dapat tumbuhkan rasa gotong royong atau saling bantu antar sesama,” pungkasnya.

Sumber: Hms
Editor: Maksum Af