Gelar Apel Pagi Kapolres Tanjung Perak Peringati Hari Kelahiran Pancasila

SURABAYA,centralberita.id – Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, M.H., pimpin apel pagi, sekaligus untuk memperingati Hari Kelahiran Pancasila yang jatuh pada 01 Juni di halaman Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Minggu (01/06/2020) Pagi.

Apel yang digelar pada pukul 08.00 ini diikuti semua personil termasuk para pejabat utama (PJU) yang diisi arahan Kapolres terkait penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang masih berlangsung.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP. Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H., mengingatkan agar para personil terus meningkatkan pengawasan, terutama di titik-titik perbatasan guna mencegah masuknya virus Corona (Covid-19) yang dibawa oleh orang-orang dari luar daerah ke wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan Surabaya secar umumnya.

Dalam kesempatan itu Kapolres juga menyampaikan tentang makna Hari Kelahiran Pancasila yang menjadi dasar negara Republik Indonesia.

Diterangkan Kapolres bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Kendati kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, tapi harus diakui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ujarnya.

Untuk itulah Kapolres menegaskan agar Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

“Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Sebagaimana slogan Bhineka Tunggal Ika,” pungkas Ganis.

Sumber: Hms
Editor: Maksum Af