Kades Gembong: Pemberitaan Aipda Purnomo Itu Tidak Benar Hoax


Insert foto: Kades Gembong Sulaiman

Lamogan(Babat), centralberita.id – Menanggapi Viralnya pemberitaan warga Beru Desa Gembong yang tidak mendapatkan bantuan dibantah oleh Sulaiman kepala Desa Gembong Kec Babat Lamongan.

Di akun facebooknya Aipda Purnomo mengunggah video terkait warga miskin tidak menerima bantuan meski hanya beberapa saat, sebuah video berdurasi 2:31detik dan sempat viral di sosial media Facebook, mengundang banyak tanggapan dan reaksi, baik dari nitizen, maupun pihak terkait, termasuk camat Babat.

Didalam unggahan video tersebut nampak Aipda Purnomo anggota Satlantas Polsek Babat, Polres Lamongan, di dampingi Kasun Beru Desa Gembong sedang berada di rumah salah satu warga yang bernama Alikah.


Foto: Kepala Desa Gembong Sulaiman saat ditemui awak media di kediamannya

Aipda Purnomo dalam narasi video yang berdurasi 2:31 detik itu menyampaikan bahwa keluarga Alikah tidak pernah menerima bantuan dari pemerintah hanya beras, padahal semestinya keluarga Alikah sangat berhak untuk mendapatkan bantuan melihat kondisinya saat ini, hal tersebut dibenarkan oleh kasun yang berada disampingnya.

Viralnya vidio Aipda Purnomo bersama keluarga Alikah menuai kontroversi, pasalnya Sulaiman kepala desa Gembong, mengatakan apa yang disampaikan Aipda Purnomo dalam vidio tersebut adalah tidak benar.

“Keluarga Alikah sebelumnya merupakan penerima beberapa bantuan dari pemerintah yang berupa tiga ekor kambing, hingga saat ini, sudah beranak dan berkembang hingga 10 ekor, bahkan ada yang beberapa ekor yang sudah dijual” Ucap Kades

Lanjut Kades Sulaiman, dirinya bahkan Minggu tanggal 31 Mei 2020 bertandang kerumah Bu Alikah di Dusun Beru dan dirumah Bu Alikah tidak seperti diberitakan Aipda Purnomo, dirumah Bu Alikah ya ada tempat tidur dipan dan bantal meski tidak bagus.

“Dirumah Bu Alikah ada tempat tidur dipan dan bantal meski tidak bagus wong saya kemarin sempat tidur disana.” Ujarnya. Senin Pagi (01/06/20) pukul 08.17 wib.

Dirinya juga berharap Aipda Purnomo, bisa klarifikasi dengan baik dan menghapus seluruh pemberitaan dan video di akun Facebook nya kita sama sama aparat pemerintah mari diselesaikan dengan baik.” Harapnya.


Foto: Bukti catatan data penerimaan berbagai bantuan milik Bu Alikah.

Camat Babat Ir. Mulkan, M.M., secara terpisah saat dikonfirmasi awak media centralberita.id melalui akun WhatsApp nya menegaskan, apa yang disampaikan Aipda Purnomo dalam video unggahannya itu tidak benar. keluarga alikah pernah dapat bantuan jalin matra berupa satu paket sembako, 3 ekor kambing, 3 ekor bebek, dan 3 ekor ayam, selain itu Alikah juga penerima BPNT perluasan, sebesar 200 rb rupiah per bulan, yang diberitakan itu tidak benar pak polisi itu salah pemberitaan.

“Itu tidak benar, pak Polisi itu salah pemberitaan, selasa besok akan saya klarifikasi dengan Kapolsek, juga Aipda Purnomo, dan Kepala Desa Gembong.” Tegasnya.

Penulis: Bledex
Editor: Maksum Af

Simak Video Terkait Berita Diatas: