Tersangka Yang Diduga Jaringan ISIS Ditangkap Di Sungai Pinyuh

MEMPAWAH (Kalbar), Centralberita.id Penggeledahan terhadap tersangka yang diduga teroris jaringan ISIS kembali terungkap. Kejadian pengungkapan kasus tersebut itu terjadi di Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah Jumat pagi (05/06/2020) sekitar pukul 08:30 WIB.

Berdasarkan informasi yang didapat media ini terkait identitas tersangka yang diduga jaringan ISIS tersebut yaitu seorang pria bernama Arif Ridwan yang beralamat di Gang Seroja RT/RW: 001/004 Kelurahan Sungai Pinyuh Kecamatan Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah.

Penangkapan tersangka tersebut dilakukan Tim Gabungan Resmob dan Datasemen Khusus Anti Teror Polda Kalbar dibawah Pimpinan Kombes Pol Viktor Lateka Selaku Ketua Satgas Densus 88 Anti Teror Kalbar dan Kombes Pol Taufiq (Dansat Brimob ) melakukan penangkapan terhadap tersangka di lokasi Depot Air tempatnya bekerja di Jalan Jurusan Pontianak Kel.Sungai Pinyuh Kecamatan Sungai Pinyuh.

“Setelah tersangka ditangkap, tim Gabungan Resmob, Densus, Inafis dan Res Mempawah membawa tersangka ke Polsek Sungai Pinyuh untuk dilakukan pemeriksaan awal dan dilakukan Rapid Tes oleh Satgas Covid 19,” ungkap Kombes Viktor Lateka.

Kombes Viktor Lateka juga mengatakan tersangka di bawa ke Pontianak ke Mako Brimob oleh sebagian Tim Satgas Densus sedangkan sebagian Tim Satgas densus lainnya melakukan penggeledehan dirumah kediaman kakek tersangka di Gang Seroja RT/RW: 001/004 Kelurahan Sungai Pinyuh dengan disaksikan oleh Lurah Sungai Pinyuh dan Wakil Ketua RT Setempat.

“Dari hasil penggeledahan dirumah kediaman tersebut tim Gabungan menemukan barang bukti kaitannya dengan aktifitas tersangka sehari hari yaitu Sebuah Samurai Panjang, dua buah pisau sangkur, satu buah belati, satu bungkus Black Powder, dua Bungkus belerang, amunisi senpi laras panjang, topi lambang ISIS, jaket loreng, Handphone Andorid, Tab dan Handphone Lipat, Buku atau lembaran buku berisikan jihad, satu box peralatan listrik berupa solder, baterai, kabel dan lainnya,” ungkap Viktor Lateka.

Viktor juga menambahkan ada juga ditemukan identitas tersangka berupa KTP, paspor dan buku Rekening tersangka.

Terkait kasus tersebut dalam hal ini juga Polsek Sungai Pinyuh, bahwa penangkapan tersangka dibawah pimpinan Kapolsek Sungai Pinyuh juga yaitu Kompol M. Pangaribuan, SH, MH juga melakukan koordinasi dengan pihak terkait yaitu dengan Lurah untuk menyaksikan penggeledahan.

Pasca kejadian Unit Intelkam dan Bhabinkamtibmas melaksanakan pembinaan dan penggalangan kepada pihak keluarga tersangka untuk diberikan penjelasan dan pencerahan tentang langkah upaya hukum yang di laksanakan dari pihak Kepolisian.

Editor: Christian Bostang Hutagaol