Sebanyak 75 KPM BLT DD Disalurkan Pemerintah Desa Kelakik

MELAWI (Kalbar), Centralberita.id Bersama Tim Relawan Desa Kelakik Pemerintah Desa Kelakik kembali salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) pada Sabtu (06/06/2020).

Penyaluran BLT DD tersebut dipimpin langsung oleh Rheisman MP. Hutagaol selaku Penjabat Kades Kelakik yang juga di dampingi Pendamping Lokal Desa (PLD), Bhabinkamtibmas, Babinsa dan dan para tokoh Masyarakat.

“Jumlah penerima manfaat seharusny 76 keluarga penerima manfaat menjadi 75 penerima manfaat. Dikarenakan satu orang menolak dan sudah menandatangani langsung surat pernyataan tidak bersedia menerima BLT DD diatas materai 6000,” ungkap Pj Kades Kelakik.

Rheisman MP. Hutagaol juga menjelaskan bahwa Kelakik terdiri dari 4 dusun dan 9 RT. Penyaluran langsung kepada yang menerima dan tidak boleh diwakilkan karena harus menandatangi bukti penerimaan.

“Penerima BLT DD adalah warga yang belum pernah mendapat bantuan, baik PKH, BPNT dan bansos2 lainnya.
Selanjutnya data penerima bltdd akan dimasukkan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS untuk dilaporkan ke dinsos,” jelas Pj Kades Kelakik.

Menurut Rheisman MP. Hutagaol tujuannya sebagai update data terbaru. Sehingga nantinya ditahun-tahun berikutnya data tersebut dipakai sabagai acuan Kementerian Sosial dalam pemetaan dan penyaluran bantuan sosial.

“Penyaluran BLT DD ini dilakukan sebanyak tiga tahap. Tahap pertamanya 600.000 yang disalurkan melalui diambil dari Dana Desa tahap dua,” tambah Pj Kades Kelakik.

Dijelaskan Pj Kades Kelakik terkait penyaluran BLT DD tahap selanjutnya yang sebesar 300.000 dari Dinas PMD Melawi sendiri belum ada petunjuk pelaksanaannya.

“Tapi sudah kami anggarkan dalam APBDES dan nanti akan di musdes khusus perubahan APBDES,” pungkasnya.

Penulis Christian Bostang Hutagaol