Danlanal Cirebon Melakukan Kegiatan Program Ketahanan Pangan


Insert foto: Danlanal Cirebon pemberian penghargaan atau Reward kepada Prajurit TNI Angkatan Laut Lanal Cirebon

CIREBON.centralberita.id – Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, S.E., M.Tr. Hanla pada hari selasa 09.06.2020 melaksanakan giat program Ketahanan Pangan di lahan kosong Komplek TNI AL sesuai Program pemerintah, juga program dari Pimpinan Angkatan Laut dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Laut dan Lantamal 3 Jakarta.

Bahwa dalam rangka menghadapi situasi pandemic covid 19 seluruh jajaran TNI angkatan laut khususnya di kewilayahan wajib untuk melaksanakan program ketahanan pangan, sehingga program ketahanan pangan yang kita laksanakan di Komplek Tubono pangkalan TNI AL Cirebon ini ada dua program yang pertama adalah program ketahanan pangan sayur mayur itu akan dikelola oleh Ibu-ibu Jalasenastri Lanal Cirebon dan juga oleh anggota serta oleh warga Komplek Tubono yang rata-rata adalah anggota aktif dari Lanal Cirebon.


Foto: Danlanal Cirebon bersama istrinya menanam bibit sayur sawi

Yang kedua adalah program ketahanan pangan budidaya ikan air tawar yaitu ikan nila yang tadi kita sudah sebar benih nya kurang lebih sekitar 2000 ekor dan sebelumnya juga sudah ditebar ada 5000 ekor jadi total sekitar 7 ribu ekor, mudah-mudahan 3 bulan ke depan kita akan bisa panen.

Dalam program ketahanan pangan sayur mayur juga sudah dilaksanakan penanaman yaitu sawi dan tadi kita juga sudah mengambil hasil panennya, harapannya pimpinan kepada seluruh jajaran prajurit beserta keluarga besar TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Cirebon, bahwa program ketahanan pangan ini bertujuan untuk memberikan dampak positif atau memberikan kegiatan positif bagi Prajurit beserta keluarganya sehingga minimal internal dari Prajurit beserta keluarga bisa mendapatkan hasil yang cukup baik dari kegiatan penanaman sayur mayur dan juga budidaya ikan air tawar ikan nila ini.


Foto: Danlanal cirebon sebar benih ikan nila

Selain itu juga memberikan contoh kepada masyarakat yang manakala ada masyarakat yang kesulitan kita juga bisa membantu mereka, terbukti dengan beberapa kegiatan yang sudah dilakukan oleh pangkalan TNI AL Lanal Cirebon dari mulai periksa kesehatan pembagian masker, kemudian juga bakti sosial, pembagian sembako di berapa wilayah ciayumajakuning yang dilakukan bersama-sama dengan aparatur Pemerintah Daerah dan Stakeholder Cirebon.

Kemudian juga TNI – Polri dan juga instansi lainnya sehingga kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam kebijakan Presiden Republik Indonesia, bahwa di tengah-tengah kesulitan manakala kita bekerja sama antar elemen masyarakat instansi TNI – Polri beserta unsur-unsur lainnya.


Foto: Danlanal cirebon memberikan arahan kepada anggota Lanal Cirebon

Maka kesulitan yang sedang kita hadapi akan bisa ditanggung ataupun diselesaikan secara bersama-sama, jadi secara garis besar tujuan utamanya untuk kesejahteraan kita semua, sehingga memberikan dorongan kekuatan bagi seluruh Masyarakat khususnya internal adalah usaha Prajurit dan Keluarga Besar TNI AL Lanal Cirebon.

Kegiatan penanaman dan kegiatan ketahanan pangan budidaya ikan air tawar dan saya juga tadi sudah melaksanakan kegiatan pemberian penghargaan atau Reward kepada Prajurit TNI Angkatan Laut Lanal Cirebon karena secara berturut – turut tahun 2019 dan 2020 Pomal Lanal Cirebon berhasil merebut sebagai Denpomal terbaik atau teladan tingkat se- Indonesia, serta prestasi ini yang cukup membanggakan karena secara berturut – turut dua kali berhasil merebut dan mendapatkan predikat terbaik sebagai Pomal teladan di TNI Angkatan Laut.

Menambahkan, saya selaku Danlanal Cirebon mau pamit kepada rekan – rekan media yang sudah membantu meliput kegiatan Lanal Cirebon selama 13 bulan saya menjabat Danlanal Cirebon dan apabila kata kata dan perilaku saya yang menyinggung atau anggota saya mohon maaf yang sebesar – besarnya kepada rekan rekan media.

Penulis: Nurhari
Editor : Maksum Af