Rapat Klarifikasi Penerima Manfaat BLT DD Desa Senaning Berakhir Dengan Keributan

SINTANG (Kalbar), Centralberita.id Kembali penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dilaksanakan oleh Pemerintah Desa. Kali ini pembahasan penyaluran BLT DD tersebut dilaksanakan di Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang.

Rapat klarifikasi penerima manfaat BLT DD tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Senaning pada Sabtu pagi (13/06/2020) pukul 08:30 WIB. Dalam agenda tindak lanjut dari hasil rapat sebelumnya yang dilaksanakan BPD Desa Senaning pada tanggal 25 April 2020 dalam agenda pembahasan BLT DD.

Rapat yang juga dihadiri oleh Alfian selaku Kepala Desa Senaning, juga dihadiri masyarakat Desa setempat serta parat undangan lainnya.

Informasi yang diterima media ini berdasarkan informasi dari Dede seorang warga Desa tersebut mengatakan bahwa rapat klarifikasi penerima manfaat BLT DD tersebut awalnya berjalan dengan aman. Karena terkait BLT DD ini bahwa sebelumnya untuk penerima manfaat dari bantuan tersebut berjumlah 109 orang Keluarga Penerima Manfafaat (KPM).

Dan setelah diketahui hasil klarifikasi KPM tersebut bahwa KPM yang seharusnya 109 KPM menjadi 39 KPM dan warga Desa Senaning tidak terima dan mereka minta bagi rata. Hingga terjadilah keributan yang menimbulkan suasana semakin gaduh. Karena warga Desa merasa emosi dan langsung mengamuk hingga ada yang membanting kursi dan lain sebagainya.

“Oleh karena disini kita di Desa banyak yang gagal paham dengan BLT DD ini. Karena kita tahu bahwa sebelumnya BLT DD itu disalurkan selama tiga bulan. Oleh karena aturan dari pusat yang berubah-ubah terus maka BLT DD Desa kami ini berkurang jadinya penerima manfaatnya,” ungkap Dede.

Dede juga mengatakan bahwa keributan yang terjadi karena warga masyarakat ada yang gagal paham dengan kriteria penerima manfaat BLT DD tersebut.

Akhir dari aksi keributan tersebut tidak berlangsung lama karena adanya penjagaan ketat pihak keamanan hingga keributan tersebut dapat diredakan.
(Tim Kalbar)

Editor : Christian Bostang Hutagaol