Di Duga Kegiatan PETI Di Sungai Ayak Dibeking Oleh Oknum Tertentu

SEKADAU (kalbar), Centralberita.id Desa Sungai Ayak Satu kedatangan lebih banyak lagi unit lanting pekerja Penambangan Emas Tanpa Ijin (PETI). Terlihat oleh awak media ini Senin (15/06/2020), kegiatan tersebut mulai memadati kembali beroperasi di sungai kapuas.

Seakan kebal dengan aparat penegak hukum kegiatan PETI tersebut tetap beroperasi. Informasi diduga ada bekingan aparat di belakang para pekerja, sehingga tidak ada merasa takut.

“Jika memang ada aparat yang mengijinkan atau melegalkan, kegiatan tersebut dengan dalih masyarakat kehilangan pekerjaan, itu bukanlah jawaban yang tepat, karena ada pungutan yang di pinta para petugas pekerja peti degan nominal yang ditentukan,” ungkap M salah seorang warga Desa Sungai Ayak.

Ditambahkan M pungutan tersebut, di sampaikan kepada warga. Kepada media ini M hanya menyampaikan kejadian sebenarnya bawah aktifitas para pekerja di sekitar Desa Sungai Ayak Satu tersebut semakin bertambah.

“Melihat kondisi ini sangat di pertanyakan kemana aparat petugas keamanan, Polres Kabupaten Sekadau, jangan sampai ada keuntungan pribadi yang diambil dari para pekerja peti tersebut,” ungkap M kembali.

Ditambahkan M jika aparat keamanan dalam hal ini Pak Wiliam selaku Pol Airud Polres Sekadau tidak lagi mampu mengamankan peti tersebut maka peran ini harus pihak Polda Kalbarlah yang memperhatikan. (Tim Kalbar)