Akibat Tidak Adilnya Pembagian BLT DD Warga Desa Tauk Kesal Hingga Menyegel Kantor Desa

SINTANG (Kalbar), Centralberita.id Informasi kembali diterima media ini Jumat (19/06/2020) bahwa telah terjadi penyegelan sebuah Kantor Desa. Aksi penyegelan kantor Desa tersebut terjadi di Desa Tauk Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang oleh warga Desa yang langsung mendatangi kantor desa tersebut dan memalang pintu dan jendela kantor Desa dengan menggunakan papan.

Aksi penyegelan kantor Desa Tauk terjadi karena masyarakat merasa kurang puas terhadap penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) terhadap prioritas Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Terkait juga dengan pendataan bantuan tersebut yang tidak terbuka kepada masyarakat hasil yang disampaikan oleh pihak Pemerintah Desa Tauk. Aksi penyegelan kantor Desa tersebut terjadi pada Kamis siang (18/06/2020) sekitar pukul 14:02 WIB.

Informasi yang diterima bahwa saat itu masyarakat Desa Tauk sudah menginformasikan dan meminta kades dan BPD Desa Tauk agar dilakukan musyawarah desa khusus terkait pembahasan anggaran BLT DD tersebut tetapi diabaikan oleh Pemerintahan Desa.

“Iya bang mereka desa kami ini tidak mau diajak musyawarah, dan data untuk pembagian BLT DD juga tidak sesuai dengan data dilapangan,  padahal banyak warga dari tiga dusun ini yang tidak mampu, dengan kondisi rumah tempat tinggal yang tidak layak,” ungkap WD salah seorang warga Desa Tauk.

Ditambahkan WD bahwa ada sebuah rumah yang hanya dihuni oleh dua atau tiga kepala keluarga, dan ada warga juga yang numpang di rumah penduduk setempat yang seharusnya menerima bantuan tersebut,  tetapi tidak mendapatkan sama sekali bantuan BLT DD tersebut.

“Untuk itu kami ajak Kades dan ketua BPD musyawarah, akan tetapi selalu mereka tolak,” ungkap WD dengan kesalnya.

Dari kejadian tersebut warga Desa Tauk sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas PMD Kabupaten Sintang dengan menemui lansung Kadisnya yaitu Herkulanus Roni. Dari pihak Dinas PMD sendiri agar Desa segera adakan musyawarah bersama dalam menyelesaikan masalah penyaluran BLT DD di Desa tersebut.

Dalam kesempatan ini juga Kepala Desa Tauk yaitu Edi Silitonga mengatakan bahwa dari pemerintah desa Tauk sendiri segera berkoordinasi dengan pihak kecamatan Dedai dan Pemkab Sintang atas permasalahan yang terjadi hingga kepada penyegelan Kantor Desa dan Balai Desa agar segera diselesaikan permasalahannya.

“Karena kami juga tidak berani untuk mengambil tindakan, sebelum berkoordinasi dengan pihak yang berwenang,” pungkas Kades Tauk.

Editor : Christian Bostang Hutagaol