Berharap Adanya Penambahan Ruang Kelas Baru SMA Negeri 1 Sekayam Buka PPDB Dengan Sistem Protokol Kesehatan

SANGGAU (Kalbar), Centralberita.id Semangat untuk mengenyam pendidikan khususnya anak-anak didaerah perbatasan merupakan perlu menjadi perhatian oleh Pemarintah untuk menambah fasilitas yang cukup untuk menampung anak didik, agar bisa bersekolah dan sejajar dengan negara lain.

Karena daerah perbatasan ini merupakan garda depan wajah suatu negara yang perlu jadi perhatian Pemerintah demi anak bangsa untuk lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). ini ungkapan Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sekayam. Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat.

Joko Priyanto, S.Pd yang merupakan Kepala Sekolah SMA tersebut pada Jumat (19/06/2020) mengatakan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sekayam mulai di buka pra pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online ini sudah di buka untuk pertama sejak 2 juni sampai 13 juni 2020 kemaren.

Sedangkan untuk pendaftaran itu 22 sampai 25 juni ini. untuk pendaftaran semua nya online karena banyak kendala anak-anak dari daerah perkampungan yang tidak memiliki akses internet diperkenankan datang ke sekolah dengan protokol Covid19.

Yaitu menggunakan masker, hand sanitizer atau mencuci tangan dan jaga jarak atau physical distancing. karena di daerah yang jauh dari jangkaun Internet ada juga sebagian yang belum menguasai tehnologi Internet juga disebabkan Sumber Daya Manusia (SDM) karena ini merupakan yang pertama kali mungkin aja ada kendala.

Pada saat pendaftaran sehingga pihak sekolah panitia mempersilahkan datang ke sekolah dengan protokol Kesehatan tersebut. Kebijakan kita memperboleh datang ke sekolah kita memfasilitasi di sekolah menggunakan leb komputer dan di kerja kan di leb tersebut yang di damping anak-anak kita dari sekolah.

“Informasi dari panitia PPDB ini sudah ada 300 orang, tetapi kita hanya menyiapkan 6 ruang belajar dan ini sudah offer atau sudah melebihi kouta kapasitas dan kita menggunakan sistem zonasi yaitu jalur zonasi 50%,jalur prestasi 30%,jalur affirmasi/jalur tidak mampu 5%, dan jalur pindah 5%,” kata Joko.

Terkait zona Utama tersebut menurut Joko ada di wilayah Kecamatan Sekayam karena untuk SMA Negeri 1 Sekayam hanya ada 6 kelas, jika ada dari luar zonasi diharapkan juga bisa mendaftar di SMA Negeri 2 Sekayam dan SMA Negeri 1 beduai dengan jalur affirmasi atau jalur prestasi jika tidak tertampung di SMA Negeri 1 Sekayam ini.

“Seperti nya sekolah kita ini perlu membuka satu kelas lagi dikarenakan di Kecamatan Entikong belum ada Sekolah SMA, dengan pengalaman ini seperti nya layak jika ada program penambahan satu kelas lagi. atau membuka SMA Negeri 3 Sekayam karena Jumlah penduduknya banyak kita berharap begitu,” pungkas Joko.

Fernando Manurung

Editor : Christian Bostang Hutagaol