Dalam Menjaga Stabilitas Kualitas Harga Sembako Kanit Reskrim Polsek Belitang Lakukan Pengecekan Harga Barang

SEKADAU (Kalbar), Centralberita.id Kembali Giat Polsek Belitang melalui Kanit Reskrim Bripka Sugito Tarihoran melaksanakan monitoring ke beberapa toko pada hari Minggu (21/6/2020). Upaya ini merupakan antisipasi kelangkaan dan kenaikan harga sembako di wilayah Kecamatan Belitang dampak dari virus Covid-19.

Dari hasil monitoring harga sembako di pasar Belitang ada yang mengalami kenaikan, seperti harga gula pasir Rp 15.000/kg, minyak goreng kemasan Rp 13.000/ kg, telur ayam Rp 53.000/rak, bawang merah Rp 70.000/kg, bawang putih Rp 50.000/kg dan tabung gas Rp 28.000 untuk kemasan 3 kilo.

Informasi yang diterima juga beberapa barang ada yang mengalami kenaikan dan penurunan harga dikarenakan aktivitas pendistribusian belum stabil karena transportasi belum lancar akibat pandemi virus covid-19 untuk saat ini.

Dalam kesempatan tersebut Bripka Sugito yaitu selaku anggota Kanit Reskrim Polsek Belitang menyampaikan himbauan kepada pemilik toko sembako agar tidak melakukan penimbunan barang dan tetap jaga stabilitas harga barang.

“Jika ada yang sengaja memainkan harga dan menimbun sembako, maka bisa diancam hukuman pidana sesuai pasal 107 UU RI Nomor 7 Tahun 2014 tentang perdagangan yang mana akan diancam dengan hukuman pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan atau pidana denda paling banyak Rp 50 miliar karena bisa menyusahkan orang banyak,” ujarnya.

Dijelaskan Bripka Sugito juga agar masyarakat juga diminta untuk tidak melakukan “Panic Buying” dengan memborong bahan sembako dan kebutuhan lainnya.

“Warga Kecamatan Belitang diminta tetap tenang dan tidak mudah termakan isu yang tidak benar,” pungkasnya.

Editor : Christian Bostang Hutagaol