PHK GAGAL: PT. Hartono Wira Tanik Pekerjakan Kembali 128 Karyawan

SIDOARJO,centralberita.id – Setelah berjuang menentang kebijakan perusahaan yang ingin mem PHK 128 karyawannya, berbagai cara dilakukan mulai aksi mogok kerja dan unjuk rasa selama kurang lebih 7 hari, pada akhirnya perjuangan mereka tidak sia sia dan berbuah manis, sebanyak 128 orang pekerja PT. Hartono Wira Tanik gagal di PHK dan dipekerjakan kembali.

Usaha dan perjuangan itu tidaklah mudah, hambatan dan rintangan yang datang dalam kurun waktu 2 hari terakhir team advokasi dari PP F SBI berunding secara marathon dengan pihak perusahaan, perundingan tersebut dimulai dari pukul 10.00 Wib pagi, sampai menjelang pukul 20.00 wib.

Setelah Diadakannya perundingan pada tanggal (23/06/2020) yang bertempat di ruangan PT.Hartono Wira Tanik, kedua belah pihak menemukan kata mufakat dan akhirnya membuat kesepakatan antara kedua pihak Perusahaan PT.HWT dengan F SBI untuk mengakhiri aksi mogok kerja.

Sekira pukul 23.00 Wib setelah ditanda tanganinya Perjanjian Bersama, para karyawan dengan penuh kesadaran akhirnya membongkar tenda yang dipakai aksi mogok kerja, bahwa mogok kerja telah berakhir.

Selanjutnya pengurus dan anggota SBTP F SBI dengan PT.Hartono Wira Tanik melakukan rapat evaluasi dan tasyakuran, atas rasa syukur keberhasilan mereka dengan cara tumpengan menunjukkan rasa syukur dengan telah dipekerjakan nya 128 karyawan dan gagal di PHK, bertempat di kantor Pengurus Pusat F SBI ,di jalan ambrali Desa Tebel Timurimur Kec Gedangan Sidoarjo. Rabu (24/06/20)

“terimakasih untuk pengurus pusat yang telah memperjuangkan dan mendampingi, serta kawan kawan dari sp/sb serta perwakilan perusahaan lain yang telah bersolidaritas kepada aksi kami ” ujar Tyok pekerja bagian R&D .

Wakil Ketua Umum F SBI Wahyu Arry H. Mengatakan, secara organisasi perjuangan kita ini menang, kenapa demikian tidak mudah memperjuangkan pekerja yang sudah di PHK untuk dipekerjakan kembali, sebab biasanya perusahaan akan menjaga egonya, ketika sudah ter PHK ya harus dilaksanakan, namun kali ini berbeda, seluruh pekerja yang ter PHK berhasil diupayakan untuk bekerja kembali dan itu sudah kita ikat dalam perjanjian bersama, dan banyak masyarakat luas menilai jika sudah demo dapat dipastikan akan di PHK.

“Tidak mudah memperjuangkan pekerja yang sudah di PHK untuk dipekerjakan kembali, biasanya perusahaan akan menjaga egonya. Alhamdulillah sekarang berhasil diupayakan untuk bekerja kembali dan itu sudah kita ikat dalam perjanjian bersama,” Jelasnya.

Reporter: Bledex
Editor: Maksum Af