Kadis PMPD Kabupaten Sintang Angkat Bicara Terkait Permasalahan Penyaluran BLT DD Yang Ada Di Sintang

SINTANG (Kalbar), Centralberita.id Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) merupakan program prioritas dari Kementerian Desa PDTT untuk disalurkan kepada keluarga yang membutuhkan. Dalam hal ini diprioritaskan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Ada beberapa point penting dengan bantuan langsung tunai tersebut yang perlu dipahami masyarakat Desa. Karena mengenai sasaran penerima manfaat selalu dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga sasaran yang diprioritaskan tidak tepat. Dan ini merupakan permasalahan yang terjadi di Kabupaten Sintang.

Terkait hal itu media inipun mendatangi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Sintang (Dinas PMPD) Jumat pagi (03/07/2020) menemui Herkulanus Roni selaku Kepala Dinas PMPD Kabupaten Sintang menanyakan apa yang menjadi permasalahan di Desa-Desa hingga menimbulkan konflik antar masyarakat.

“Sebenarnya ini harus benar-benar dipahami oleh Desa karena itu semua diawali melalui Musdes ditingkat Desa tapi awalnya ini harus diverifikasi untuk data penerima manfaat tersebut. Tapi pada prinsipnya yang disampaikan Kades tidak ada masalah tinggal tunggu edaran Bupati diterbitkan,” ungkap Roni saat diwawancarai media ini.

Roni juga menambahkan terkait penyaluran BLT DD tersebut tinggal menunggu edaran Bupati diterbitkan baru bisa disalurkan.

“Sehingga hari ini atau besok tinggal menunggu tanda tangan Pak Bupati Desa-Desa baru sudah bisa menyalurkan BLT DD tersebut,” pungkas Roni.

Kadis PMPD Sintang juga menjelaskan bahwa terkait penyaluran BLT sekarang merupakan tahap lanjutan karena ini semua sesuai dengan aturan dalam Permendesa Nomor 6 tahun 2020.

“Untuk tahap satu April, Mei dan Juni itu sudah mereka lakukan dan ini prosesnya juga di Desa ya. Karena ada tuntutan dari masyarakat mereka masuk kriteria ya silahkan tapi tentunya harus diverifikasi oleh Desa,” jelas Roni.

Christian Bostang Hutagaol