Kembali Polres Sintang Giat Sosialisasi Tatanan Normal Baru

SINTANG (Kalbar), Centralberita.id Adaptasi Kehidupan Baru atau yang lebih dikenal dengan new normal, sebagai salah satu dampak dari pandemi covid 19 di Indonesia mengharuskan setiap sendi tangan Pemerintah termasuk Kepolisian Republik Indonesia berjibaku setiap hari menggaungkan hal itu ke tengah masyarakat.

Di jajaran Polres Sintang, setiap hari tidak kurang dari 10 kegiatan dilakukan oleh polsek-polsek untuk mensosialisasikan dan menghimbau warga masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan dalam upaya adaptasi kehidupan baru.

“Kita ingatkan agar warga bila pergi-pergi terutama kalau jalan ke Sintang atau ke desa lain, supaya pakai masker. Kalau di tempat ramai supaya jug aingat untuk jaga jarak, jangan ikut berkerumun, misalnya kalau sedang pergi belanja ke pusat kecamatan atau ke toko-toko besar,” kata Brigpol Zian PM, selaku Bhabinkamtibmas Polsek Dedai pada Kamis (02/07/2020).

Ditempat terpisah Kapolsek Dedai Iptu Djoni Anwar Seknun SH saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa telah meminta kepada seluruh anggota dan utamanya jajaran bhabinkamtibmas agar segera mensosialisasikan pemberlakuan new normal atau adaptasi kebiasaan baru ditengah pandemi Covid-19.

“Saya berharap dengan kehadiran para bhabinkamtibmas mampu menyentuh masyarakat sampai level terbawah, agar masyarakat dapat produktif dan aman dari Covid – 19,” kata IPTU Djoni.

Kapolsek Dedai sangat berharap dengan selalu hadirnya Polri dilapangan secara masif, diharapkan akan dapat memunculkan kesadaran dan kedisiplinan yang kuat dari masyarakat dan dapat menekan angka persebaran virus Covid 19 sehingga kita bisa masuk ke tatanan baru atau New Normal dan masyarakat tetap produktif, aman dan nyaman.

Informasi juga datang dari ujung Kota Sintang, Provost Polsek Sungai Tebelian juga menghimbau warga sekitar Polsek untuk disiplin menggunakan masker.

“Sambil kita patrol, sesekali kita mampir duduk bersama warga, kita ingatkan untuk disiplin menggunakan masker terutama kalau sedang kumpul-kumpul. Juga kita ingatkan untuk saling jaga jarak,” kata AIPDA Perdi Ferdian, Kanit Provost Polsek Sungai Tebelian.

Ditambahkan AIPDA Perdi Ferdian diharapkan masyarakat memiliki kesadaran yang tinggi untuk membiasakan diri memakai masker. Sehingga penularan penyebaran virus tersebut bisa ditekan.

Di Kota Sintang sendiri, Polsek Sintang Kota membagikan masker gratis kepada warga di pasar Masuka. Selain itu untuk pelayanan publik di Mapolsek sendiri pun disediakan tempat cuci tangan bagi warga yang datang melapor.

“Kita mewajibkan masyarakat yang meminta pelayanan menggunakan masker, dan mencuci tangan menggunakan sabun yang sudah disediakan di depan Kantor,” ucap AKP Harjanto, SH.MH selaku Kapolsek Sintang Kota.

Dijelaskan Kapolsek Sintang Kota bahwa pihaknya tetap melaksanakan pelayanan publik dengan menggunakan protokol kesehatan diantaranya dengan menganjurkan kepada warga untuk cuci tangan, pakai masker membatasi orang yang datang.

Editor : Christian Bostang Hutagaol