Kembali dokter Sinto Umumkan Tambahan Dua Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19

SINTANG (Kalbar), Centralberita.id Kembali diumumkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh tambahan dua kasus konfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab pcr yang dikeluarkan dari Laboratorium Rumah Sakit Untan Pontianak pada tanggal 4 juli 2020.

Melalui keterangan persnya, di Dinas Kesehatan, Senin (06/07/2020), Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, Harysinto Linoh, menjelaskan dua kasus tambahan tersebut merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang sedang menjalani karantina mandiri, dari cluster OPD, yaitu OTG 181, laki- laki 56 tahun alamat Kecamatan Sintang, selanjutnya disebut konfirmasi 29.

Sinto juga menjelaskan, konfirmasi 29 sebelumnya sudah menjalankan rapid test pada tanggal 9 Mei 2020 di Dinas Kesehatan Sintang dengan hasil reaktif dan sejak hasil rapid test dinyatakan reaktif kemudian yang bersangkutan melaksanakan isolasi mandiri secara ketat dalam pengawasan dinas kesehatan.

“Konfirmasi 29 di ambil swab pertama tanggal 13 mei 2020 dan swab kedua pada tanggal 14 mei 2020, pada tanggal 4 juli sabtu kemarin hasi pcr konfirmasi positif selanjutnya yang bersangkutan dibawa ke ruang isolasi mandiri di RSUD Rujukan Ade M Djoen Sintang,” jelas Sinto.

Sinto juga menambahkan terkait OTG kasus 190, yaitu seorang pria berusia 42 tahun beralamat di Sintang, selanjutnya disebut konfirmasi 30. Yang bersangkutan sebelumnya sudah menjalankan rapid tes pada tanggal 12 mei 2020 di Dinas Kesehatan dengan hasil reaktif dan sejak hasil rapid test dinyatakan reaktif yang bersangkutan melaksanakan isolasi mandiri secara ketat dalam pengawasan Dinas Kesehatan.

“Konfirmasi 30 di ambil swab pertama tanggal 13 mei 2020 dan swab kedua pada tanggal 14 mei 2020, pada tanggal 4 juli 2020 hasil pcr konfirmasi positif, selanjutnya yang bersangkutan dibawa ke ruang isolasi mandiri di RSUD Rujukan Ade M Djoen Sintang,” jelas Sinto lagi.

Sinto mengajak masyarakat Kabupaten Sintang, dalam menghadapi masa transisi new normal dari 6 juli – 5 agustus 2020 ini, tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah di tetapkan seperti menggunakan masker, cuci tangan sesering mungkin dan tetap jaga jarak sosial dimanapun berada.

“Karena yang menjadi ujung tombak untuk menghentikan penyebaran covid-19 di kabupaten sintang ialah masyarakat, jadi tetap terapkan protokol kesehatan tersebut,” pesan Sinto.

Dari penambahan dua kasus konfirmasi positif covid-19 tersebut, jadi total kasus positif covid-19 di Kabupaten Sintang berjumlah 30 kasus, dengan angka kesembuhan 21 orang, dan 9 orang masih menjalani isolasi mandiri ketat dan menjalani perawatan klinis penyembuhan.
(Humas Prokopim Sintang)

Editor : Christian Bostang Hutagaol