Tolak RUU HIP, Ribuan Massa dari 34 LSM dan Ormas Demo di Gedung DPRD Kota Cirebon.

Insert foto: ketua DPRD Kota cirebon (tengah) sebelah kanan kapolres ciko, Dandim 0614 Kota cirebon, sebelah kiri Wakil ketua DPRD PDIP, wakil ketua DPRD Demokrat.

CIREBON,centralberita.id – Rancangan Undang -undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), kembali mendapat penolakkan. Kali ini, ratusan masa aksi dari 34 LSM dan Ormas yang tergabung dalam Forum Cirebon bersatu , menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Kota Cirebon menolak RUU HIP.

Dalam aksi tersebut masa aksi meminta kepada anggota legislatif Kora Cirebon, agar menyampaikan kepada DPR RI untuk mencabut dan membatalkan Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Ketua DPRD Kota Cirebon Afiati dan Anggota dewan mempersilakan ketua koordinator Forum Cirebon Bersatu bersama perwakilan Ormas dan Lsm untuk mengungkapkan aspirasinya di ruang Rapat Griyaswala.

Setelah diskusi membahas RUU HIP di ruangan Rapat Griyaswala lalu Ketua DPRD Kota Cirebon bersama Anggota dewan keluar menemui massa yang ada di luar untuk mengucapkan Iklar setia dengan Pancasila.

Foto: Anggota dewan menemui ketua koordinator Forum cirebon bersatu di ruangan griyaswala.

Maka Semua yang Hadir mewakili suara masyarakat Cirebon pun ,mengucapkan Ikrar langsung di pimpin oleh Ketua DPRD Kota Cirebon:

1.Demi Allah kami bersumpah akan setia kepada negara kesatuan republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45.

2.Demi Allah kami bersumpah akan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa di negara kesatuan republik Indonesia demi terciptanya masyarakat yang adil dan makmur.

3.Demi Allah kami bersumpah akan menjaga negara kesatuan republik Indonesia dari pengaruh komunisme, liberalisme, leninisme dan sekulerisme.dengan tegas dan lantangnya.

Ketika awak media centralberita.id mewawancarai prewakilan dari Ketua DPRD Kota cirebon oleh Fraksi PKS DPRD Kota Cirebon Karso mengatakan, ketua DPRD langsung mengapresiasi positif dan menerima serta akan menampung memproses tentang RUU HIP dan langsung melaporkan hal ini juga masing-masing fraksi DPR di Pusat.

Foto: Anggota dewan kota cirebon mendatangi massa demo forum cirebon bersatu.

Seluruh Anggota DPRD Kota Cirebon dan sebagian besar anggota DPRD Kota Cirebon sepakat untuk menolak, karena hampir semua juga seperti apa yang tadi diikrarkan oleh Ketua DPRD Kota Cirebon bahwa Pancasila ini harga mati NKRI harga mati.

Sehingga tadi dari unsur pimpinan kita sepakati membikin ikrar sumpah yang terdapat tiga poin dari tiga mereka semuanya sepakat bahwa rancangan undang-undang ini tidak perlu di lanjutkan dan di hapuskan.

Dewan yang hadir dalam pertemuan di ruang rapat Griyaswala dari Partai Gerinda ada 3, Partai PDIP ada 3, Partai PKS 3, Partai Nasdem dan Partai PKB dan semua Dewan yang hadir juga menolak RUU HIP.

“harapan saya selaku fraksi PKS DPRD Kota Cirebon semoga bisa berjalan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di negara kesatuan Republik Indonesia, masalah RUU HIP ini harus dihentikan dan harus di hapus.”Ujarnya

Menambahkan, Ketua Koordinator Forum Cirebon Satu Ustadz Almawi selaku ketua aksi menegaskan, Forum Cirebon bersatu menolak dengan tegas RUU HIP dan paham komunis di Indonesia.”tegasnya.

Reporter: Nurhari/Iwan
Editor: Maksum Af