Pencegahan Karhutla Kembali Dikampanyekan Dan Disosialisasikan Bhabinkamtibmas Polsek Belitang Hulu

SEKADAU (Kalbar), Centralberita.id Sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dilakukan personel Bhabinkamtibmas jajaran Polres Sekadau, tak terkecuali Bhabinkamtibmas Polsek Belitang Hulu. Hal ini dilakukan dalam rangka menghadapi Operasi Bina Karuna Kapuas Tahun 2020.

Kapolsek Belitang Hulu IPDA Triyono mengatakan, Operasi Bina Karuna Kapuas merupakan operasi kewilayahan pada daerah yang berpotensi terjadi Karhutla. Untuk di jajaran Polda kalbar, diagendakan digelar serentak pada 15 Juli 2020.

“Sebagai garda terdepan dalam operasi ini adalah fungsi pengemban Binmas dan Bhabinkamtibmas disetiap jajaran Polres,” kata Kapolsek Belitang Hulu IPDA Triyono, Selasa (07/07/2020).

Bhabinkamtibmas sebagai fungsi preventif (pencegahan) Karhutla, melalui kegiatan sambang dengan cara DDS (Door To Door System) memberikan sosialiasi kepada warga desa binaan agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Seperti yang dilakukan personel Bhabinkamtibmas Polsek Belitang Hulu, Briptu Wiro melakukan sosialiasi pencegahan Karhutla di desa Terduk Dampak. Tak hanya sosialisasi ia juga mengajak warga desa binaannya mengkampanyekan stop Karhutla.

IPDA Triyono menambahkan, kegiatan sosialisasi dan kampanye stop Karhutla ini juga sejalan dengan program Kapolda Kalbar yaitu Polisi Sahabat Petani, dan sebelumnya telah didekalarasikan di Polres Sekadau.

“Kehadiran Bhabinkamtibmas membantu para petani di desa binaan untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa asap dan membakar, melainkan dengan sistem modern seperti aplikasi penggunaan Cuka Kayu,” pungkasnya.

Editor : Christian Bostang Hutagaol