Seluruh Jajaran Polres Sintang Giat Pengawalan Penyaluran BLT Dan BST

SINTANG (Kalbar), Centralberita.id Perhatian pemerintah pada rakyatnya khususnya masyarakat miskin dengan membangun jaring pengaman sosial beraneka bentuk. Dalam minggu ini proses penyaluran bantuan kepada masyarakat dilakukan pada banyak tempat.

Tak jarang terjadi perselisihan antar warga dan petugas. Seperti terjadi di awal minggu di Kecamatan Tempunak, warga melakukan penyegelan di kantor desa sebagai bentuk protes pada penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

Jajaran Polres Sintang pun ambil bagian menjadi pendamping untuk mengamankan jalannya proses penyaluran bantuan tersebut. personil di polsek-polsek siap siaga selalu memantau setiap kegiatan penyaluran BLT DD di kampung-kampung dan Bantuan Sosial Tunai (BST) di kantor pos di pusat kecamatan.

Dari ujung negeri sebagaimana dilaporkan oleh Brigadir Nurdiansyah dari Polsek Ketungau Hulu, kegiatan penyaluran bantuan lansung tunai atau BLT sumber dana desa di kecamatan Desa Nanga Bayan Kecamatan Ketungau Hulu, Kamis (09/07/2020) berjalan dengan tertib dan lancar.

Dana yang wajib disalurkan itu dan harus diterima oleh masing-masing penerima bantuan sebanyak Rp 600.000,- per bulan per KK penerima bantuan. Pada kesempatan ini, dana disalurkan kepada 141 kepala keluarga. Dari Binjai Hulu, dilaporkan ada 60 KK yang menerima bantuan. Di hilir Sintang, anggota Polsek Sepauk, Sesuai jadwal, penyaluran BST kali ini diterimakan kepada 531 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 15 Desa yang ada di Kecamatan Sepauk.

“Kita akan terus melakukan pengawasan kepada pemerintah desa dalam menyalurkan bantuan program pemerintah itu. Kami sudah diberi atensi oleh pimpinan agar selalu memantau setiap kegiatan program pemerintah yang ada ditingkat Kecamatan dapat terlaksana dengan baik,” kata Brigadir Nurdiansyah.

Dari Polsek Serawai, Kapolsek Serawai IPTU Muhammad Rasyid menerangkan pihaknya telah bersinergi dengan instansi lainya untuk memastikan 38 Desa yang ada di Kec. Serawai telah menyalurkan bantuan tersebut dengan baik. Salah satunya di Desa Talian Sahabung Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang, penyaluran BLT-DD diserahkan kepada 70 warga masyarakat penerima manfaat.
“Semoga bantuan dana lansung tunai tersebut bermanfaat bagi setiap warga yang menerima,” ucap IPTU Rasyid.

IPTU Rasyid juga mengatakan BLT melalui Dana Desa ini harus diawasi bersama supaya tidak ada oknum pemerintah Desa yang menyalahgunakan, untuk memastikan dana tersalurkan tepat sasaran semua anggota untuk ikut bersama instansi terkait mengawal giat penyaluran itu agar dapat terlaksana dengan baik.

Ditambahkannya sambil memantau dan mengamankan kegiatan masyarakat ini, personil Polsek juga menggunakan kesempatan berinteraksi dengan masyarakat untuk memberikan aneka himbauan, mulai dari pesan kamtibmas, adaptasi kehidupan baru, karhutla, banjir, sampai mengenai persiapan pemilu damai.

“Kita manfaatkanlah situasinya, dengan melakukan pengamanan sambil mengambil langkah-langkah untuk menegakkan disiplin masyarakat dengan cara-cara persuasif dan humanis,” kata Kapolsek Sepauk Iptu TY. Anang .

Begitu juga yang dilakukan oleh Kanit Binmas Polsek Kelam Permai, Aipda Yohanes saat berada di depan kantor pos dan giro Desa Kebong Kecamatan Kelam Permai seraya memantau proses penyaluran BST, ia menyampaikan sosialisasi tatanan kehidupan baru guna cegah covid 19 kepada masyarakat.

“Dalam menuju tatanan hidup baru kita perlu tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker serta rajin cuci tangan dan terapkan pola hidup sehat dengan konsumsi vitamin guna kuatkan imunitas tubuh, ” ucap Aipda Yohanes.

Editor : Christian Bostang Hutagaol