Koprasi Lintas Alumni Songo (LINI-9) Launching di Hari Koprasi Nasional Dengan Persembahan Online Shop

SURABAYA,centralberita.id – Bertepatan dengan Hari Koperasi Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2020, kini hadir Koperasi Lintas Alumni Songo (LINI-9) dengan solusi kreatif di tengah pandemi Covid-19 bagi seluruh masyarakat.

Acara launching dan silaturrahmi yang diselenggarakan di Mahameru Resto Jl. Diponegoro No. 152 Surabaya, dihadiri oleh pengurus beserta pengawas masa bhakti 2020 sampai dengan 2023, para anggota dan tamu undangan khusus dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Surabaya untuk memberikan pembinaan dan pengarahan.

Launching Koperasi LINI-9 berjalan aman, lancar dan sukses
Dalam acara ini pula, diperkenalkan jenis-jenis usaha Koperasi LINI-9 yang meliputi Online Shop, Toko Sembako, Usaha Simpan Pinjam, Usaha Travel Umroh dan Haji, penyediaan hewan Qurban dan Aqiqoh, serta Unit Usaha Kemitraan kolaborasi antar 3 unit usaha milik Koperasi LINI-9.

Koperasi LINI-9 itu sendiri bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang Maju, Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Pada sambutannya, Ketua Koperasi LINI-9 Slamet Hariono mengucapkan terima kasih atas kehadiran para pengurus, pengawas dan seluruh anggota yang telah mendukung terselenggaranya Launching dan Silaturrahmi Koperasi LINI-9.

“Berdirinya Koperasi LINI-9 ini, didasari atas keprihatinan dengan kondisi perekonomian masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19. Maka dari itu, kami membuat terobosan baru memberikan solusi terbaik untuk menumbuhkan lagi semangat membangun ekonomi kerakyatan,” ucapnya, Minggu (12/07/2020).

Ibu-ibu anggota Koperasi LINI-9 memamerkan barang-barang dagangannya
Dengan mengusung Visi menjadi Koperasi Unggul dan Mandiri yang mampu membangun serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan anggota, Slamet Hariono berharap mendapat rekomendasi dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Surabaya yang menjadi salah satu persyaratan untuk melengkapi legalitas dan badan hukum Koperasi LINI-9.

“Misi Koperasi LINI-9 adalah meningkatkan tali persaudaraan dan kebersamaan diantara sesama anggota koperasi, membangun potensi ekonomi para anggota koperasi, membantu anggota dalam menyediakan kebutuhan barang dan jasa yang dibutuhkan, meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi melalui pola pembagian sisa hasil usaha, serta meningkatkan kepedulian dan gotong royong melalui kelompok tanggung renteng,” paparnya.

Sementara itu, Manager Usaha Koperasi Ibu Inung memaparkan jenis usaha di dalam Koperasi LINI-9. Ia mengatakan, usaha utamanya yakni mini market modern ( Online dan Offline ) untuk menyediakan kebutuhan sehari-hari yang diperlukan oleh anggota dan non anggota.

“Untuk usaha pendukungnya diantaranya Pujasera, unit home industri anggota dan unit kemitraan usaha. Sedangkan untuk usaha tambahannya terdiri dari unit usaha simpan pinjam dan unit usaha jasa lainnya,” jelas Inung.

Di toko online milik Koperasi LINI-9 juga terdapat Unit Usaha Kemitraan yang nantinya berfungsi sebagai pembinaan terhadap para anggota yang ingin memulai usahanya melalui kursus-kursus praktis atau pelatihan-pelatihan usaha untuk menjadikan anggotanya sebagai interprenur-interprenur baru dengan bimbingan usaha dan peminjaman modal serta tempat market yang sudah tertata.

“Setelah dipandang sudah siap untuk jalan, Unit Simpan Pinjam siap untuk memberikan pinjaman usaha ke anggota tersebut serta bagian Unit Usaha Toko, baik di Toko Sembako dan Online Shop siap membantu untuk pemasarannya,” pungkasnya.

Berikut pengurus masa bhakti 2020 sampai dengan 2023 sebagai berikut :

Ketua : Slamet Hariono.
Sekretaris : Arief Gastri Tjahjono.
Bendahara : RR.Juli Prijatiningsih.

Pengawas masa bhakti 2020 sampai dengan 2023 sebagai berikut :

Koordinator : Dwi Retno Widajati.
Anggota 1 : Edi Firmanto
Anggota 2 : Bambang Eko Meiyanto

(Red)