Banjir Di Belitang Dijadikan Tempat Anak-Anak Sebagai Sarana Olah Raga Berenang

SEKADAU (Kalbar), Centralberita.id Inilah situasi saat dikala banjir datang melanda di wilayah Kecamatan Belitang yaitu disekitar pasar Belitang pada Rabu sore (15/07/2020), tampak terlihat jelas anak-anak yang sedang bermain air banjir. Karena banjir tersebut dimanfaatkan sebagai sarana olah raga berenang.

Wilayah Kecamatan Belitang di sekitar pasar belitang memang berdekatan langsung dengan sungai kapuas dan sungai belitang. Karena dulu disebutlah wilayah Belitang ini dengan sebutan Nanga Belitang, karena berdekatan langsung dengan muara sungai belitang.

Akibat curah hujan yang tinggi, hampir setiap tahun Kecamatan Belitang yang berdekatan langsung dengan sungai kapuas dan sungai belitang selalu saja dilanda banjir.

Jadi kesempatan inilah dimanfaatkan oleh warga masyarakat Belitang terutama anak-anak saat banjir melanda dijadikan sarana bermain air banjir. Disamping sebagai sarana bermain anak-anak, banjir di belitang juga dimanfaatkan oleh warga setempat untuk mencuci kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Saat media ini memantau langsung dilapangan dan menemui salah seorang warga bernama Anton yang juga memberikan keterangannya saat diwawancarai media ini mengatakan memang peristiwa banjir ini sudah tidak asing lagi baginya.

Karena musibah banjir ini hampir rutin tiap tahun terjadi di Kecamatan Belitang terutama Desa Belitang Dua sebagai pusat ibu kota Kecamatan.

“Ini sudah biasa bagi saya pak musibah banjir ini. Karena memang ini rutin tiap tahun terjadi. Dan anak-anak disini sangat senang bermain air banjir karena di Belitang ini sangat kurang sekali hiburan,” ungkap Anton dengan senang.

Anton juga menjelaskan sampai dengan hari ini kondisi banjir di Belitang kian meningkat. Terutama juga yang terjadi di Desa tetangga yaitu Desa Belitang Satu.

C. Bostang Hutagaol