Wabup Sanggau Serahkan Bantuan Peduli Kasih Untuk Masyarakat Terdampak Banjir Bandang

SANGGAU (Kalbar), Centralberita.id Kunjungan Wakil Bupati Sanggau dalam rangka menyerahkan bantuan peduli kasih dari Pemerintah Daerah kepada masyarakat yang mengalami musibah terdapak bencana banjir bandang di Desa Nekan Kecamatan Entikong, Rabu siang (15/07/2020).

Pj. Kades Nekan Kosmas Yul melaporkan bahwa kejadian banjir bandang yang melanda Kedesaan Nekan Kecamatan Entikong tempo hari, tepatnya Rabu (08/07/2020) yang lalu, pada pukul 16.00 hingga pukul 18:00 WIB telah menghantam di dua Dusun yakni Dusun Nekan dan Dusun Gramajaya.

Dari peristiwa tersebut terdapat 118 rumah penduduk Dusun Nekan dan 135 rumah penduduk Dusun Gramajaya terendam banjir sehingga total rumah penduduk yang terdapak bencana banjir bandang sebanyak 253 rumah dan dari total tersebut terdapat 15 rumah mengalami rusak berat, dua jembatan dan satu pipanisasi juga mengalami kerusakan.

Camat Entikong Suparman dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa sejak peristiwa banjir bandang hingga sekarang dirinya bersama Dokter Puskesmas Entikong dan Pemerintah Daerah terus memantau perkembangan situasi dan melakukan penanganan terhadap masyarakat yang mengalami musibah.

“Sejauh ini sangat luar biasa bantuan yang telah diterima oleh Posko bersama bencana banjir di Desa Nekan, baik bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau, Lembaga-lembaga Swasta, Lembaga-lembaga Kemasyarakatan, Lembaga Perbankan, CU dan Perorangan. Semoga bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat yang mengalami musibah,” jelas Suparman.

Ditambahkan Suparman juga bahwa sejak beratus-ratus tahun lalu tidak pernah mengalami peristiwa banjir bandang sebab sungainya kecil sekali.

“Namun yang namanya musibah kita tidak tahu dan tidak diduga, tetapi dari hal tersebut kita dapat menjadikannya pengalaman agar kita selalu waspada dan selalu menjaga lingkungan kita. Ada warga yang mengalami trauma, infrastruktur jembatan dan pipanisasi, pasilitas sekolah dan lainya yang rusak agar pihak yang membidangi secepatnya bisa menangani hal tersebut,” Harap Suparman.

Wakil Bupati Sanggau Drs.Yohanes Ontot, M.Si ketika menyerahkan bantuan di Posko bencana banjir bandang di Desa Nekan mengungkapkan bahwa dirinya bersama rombongan ingin melihat dan menkulasi sejauh mana dampak dari banjir bandang yang terjadi.

“Dan hari ini kita lihat secara nyata dilapangan sudah normal, kampungnya sudah mulai bersih dan masyarakat juga bisa beraktivitas seperti sedia kalanya meskipun ada beberapa yang masih membersihkan rumahnya,” ungkap Wakil Bupati Sanggau.

Wakil Bupati Sanggau juga menyampaikan bahwa pada hari ini menyerahkan bantuan-bantuan, juga beberapa OPD menyerahkan bantuan, Gabung Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sanggau juga menyerahkan bantuan dari beberapa Organisasi Wanita yang tergabung di GOW baik dalam bentuk paket maupun sembako.

“Harapan kita perhatian dari berbagai Lembaga, Masyarakat, Pribadi maupun Perbankan tentu memberikan semangat bagi masyarakat yang terdampak banjir bandang Mudah-mudahan segera pulih lagi semangatnya untuk bisa bekerja beraktivitas sebagaimana biasanya.,” Pesan Wakil Bupati Sanggau.

Ditambahkan Yohanes Ontot terkait dengan masyarakat ada juga yang masih mengalami trauma nanti jika diturunkan tim untuk melihat sumber dari banjir bandang ini, apakah akan masih berpotensi akan terjadi banjir bandang atau tidak.

“Nah nanti hal itu akan kita segera sosialisasikan kepada masyarakat sebagai konseling untuk menguatkan keyakinan mereka, sehingga tidak lagi mereka trauma,” ungkap Yohanes Ontot

Wakil Bupati Sanggau mengucapkan terimakasih kepada awak media yang sudah menyiarkan peristiwa ini kepada masyarakat luas.

“Kemudian bagi yang masih ingin memberikan bantuan, dipersilakan bisa melalui Pemerintah Daerah atau bisa juga langsung ke Posko yang ada di Desa Nekan Kecamatan Entikong,” pungkas Wakil Bupati Sanggau. (Kominfo Sanggau/Fernando Manurung)

Editor : Christian Bostang Hutagaol