Lurah Nono Ketua DLPABM Masa Bhakti 2020 – 2023

Foto : Foto bersama sesaat setelah sesi press release Pemilihan dan Penetapan Ketua DLPABM. Dari kiri kekanan Ki Gono, Ki Gitut, Ki Nono pengang tongkat komando dan petinggi lainnya. (19/7/2020).

Mojokerto,CentralBerita.id – Mantan Kades Sampangagung yang biasa dipanggil lurah Nono yang nama lengkapnya Suhartono alias Ki Nono yang panjangnya Ki Ageng Nono Suhartono Sukodono Prabu Joyonegoro ditetapkan sebagai Ketua Dewan Lembaga Pelestari Adat dan Budaya Majapahit (DLPABM) yang baru masa bhakti 2020-2023.
Ki Nono menggantikan Ketua lama Ki Gitut Hari Utomo dalam acara pemilihan dan penetapan Ketua (DLPABM) pada Ahad 19 Juli 2020 di Kediaman Ki Nono RT. 01 RW. 10 Dsn. Brubuh Ds Sampangagung Kec.Kutorejo Kab.Mojokerto.
Pemilihan berlangsung singkat karena secara demokrasi semua yang hadir dengan aklamasi memilih ki Nino sebagai ketua baru DLPABM. Sebelumnya Dewan Pendiri DLPABM telah menyetujuai lurah Nono jika disepakati menjadi Ketua DLPABM.
Hadir dalam acara tersebut Pasbalon Bupati dan Wakil Bupati dr.Hj.Ikfina Fahmawati, MSi dan Gus H.Muhammad Al-Barra, Lc.MHum yang dikenal dengan IKBAR (Ikfina-Barra) walau sebentar sebagiai rasa hormat dan peduli dengan Budaya serta Adat Majapahit.
Hadir pula Wakil dari Disparpora Bapak Sudiono, para sesepuh Adat Majapahit, para pimpinan dan anggota segenap lembaga-lembaga adat yang berada di Mojoketo serta tamu undangan yang lain. Terlihat hadir Gus Imm, Ki Jalil, Ki Paat, Ki Gitut, Ki Indra, Ki Edy W, Ki Tiwi dll.
Kediaman Ki Nono yang menjadi tempat acara penuh sesak dengan para undangan yang hadir, bangunan rumah yang bergaya artistik Mojopahitan plus tumpeng dan sajian serta dekorasi dan lay out yang menarik menambah sakralnya acara pemilihan dan penetapan Ketua Lembaga adat tersebut.
Kehadiran awak media yang banyak meliput acara tersebut diatas membangkitkan kemerihan dan semaraknya acara. Berbagai media hadir dalam event dimaksud baik media cetak tampak dari JTV, BBSTV dll, Dari media online ada beritalima.om. rednews.id,jatimpos.com,centralberita.id ,tarunanews.com. Rnews.com, JPOnline.id.

Dalam smbutannya ki Nono mengatakan :”Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya. Dan saya akan bekerja dengan baik dalam mengemban amanah ini, menyempurnakan kerja dibawah kepemimpinan ki Gus Gitut pendahulu saya dengan harapan DLPABM semakin maju bermanfaat bagi masyarakat semuanya”.
Gus Gitut sebagai ketua lama mengatakan Terima kasih atas pengabdian semua pengurus selam tga tahun ini, mohon maaf jika ada kekurangannya. Saya berharap ketua yang baru dapat meneruskan perjuangan DLPABM memperkecil kekurangannya dan menyempunakan kelebihan maupun kebaikan yang telah dilakukan”.
Gus Imm tampil memimpin do’a mengakhiri acara pagi itu. Dengan khusuk dan khidmad Gus Imm membacakan doa-doa bagi kemajuan lembaganya dan keselamatan bagi seluruh masyarakat Mojokerto serta semua putro wayah Majapapahit.
Ditanya bagaimana pilihan politik DLPABM dalam Pilkada Mojoketo, Ki Nono menjawab singkat : “ Netral”.Terdengar kabar bahwa Pengukuhan atau pelantikan serta pengambilan sumpah alias bai’at Ki Nono bersama kabinetnya akan dilakukan pada hari Minggu tanggal 26 Juli 2020 di area Wisata Jolotundo Trawas Mojokerto.
Dikabarkan pula panitia akan mengundang tiga pasbalon Bupati dan Wakil Bupati Pilkada Mojokerto 2020 masing pasangan Ikfina-Barra (Ikbar), Pungkasiadi-Titik Masudah dan Yoko-Nisa (Yoni). Undangan sudah siap dan tinggal kirim saja.

(Kay )