PEMKOT Surabaya Lakukan Test Swab Gratis Bagi Ibu Hamil Di GOR Pancasila

Centralberita.id-SURABAYA -Sebanyak 500 orang ibu hamil lakukan tes virus corona di Gelora Pancasila,Surabaya.
Mereka diperiksa lewat swab test yang di gelar pemerintah kota (Pemkot) Surabaya.
Test swab gratis ini dilakukan bagi ibu hamil yang telah memasuki usia 37 minggu. Tujuannya tak lain, untuk melindungi kesehatan serta keselamatan ibu dan bayi di tengah pandemi Covid-19.

“Hari ini kurang lebih sekitar 500-an ibu hamil yang kita periksa. Ibu hamil dengan usia kehamilan 37 minggu itu kita lakukan Swab, ” kata kepala dinas kesehatan (Dinkes) surabaya.
Febria Racmanita seperti dilansir Centralberita.id Selasa (21/07/2020).

Febria menjelaskan, dari pemeriksaan swab itu jika hasilnya positif, selanjutnya ibu hamil di rujuk oleh ibu bidan kelurahan siaga (Bikel) atau puskesmas ke rumah sakit (RS) khusus penanganan Covid-19.

Namun jika hasil swab ibu hamil negatif, selanjutnya dia akan dirujuk ke rumah sakit khusus ibu dan anak.

Febri juga mengungkapan, para ibu hamil ini juga difasilitasi Pemkot Surabaya saat akan mengikuti pemeriksaan swab. Mereka dijemput menggunakan kendaraan dari rumah masing-masing.

“Mereka dijemput puskesmas dengan bidan kelurahannya. Pokoknya, ibu hamil di Surabaya selalu didampingi bikel (bidan kelurahan siaga),” katanya.

Program pemeriksa swab gratis bagi para ibu hamil yang telah memasuki usia kehamilan 37 minggu itu, bakal terus dilakukan hingga pademi Covid-19 selesai.
“Sampai pandemi ini hilang,”pungkasnya.

Jurnalis : M.Fauzi