Kunker DPRD Sanggau Ke PT. GKM Tertutup Oleh Awak Media, Tujuh Orang Wartawan Diusir Oleh Pihak PT. GKM

SANGGAU (Kalbar), Centralberita.id Sangat disayangkan ke-7 wartawan awak media ditolak mengikuti Kunker DPRD Sanggau ke PT. GKM (Global Kalimantan Makmur). Berharap dapat saling rangkul bersama dengan rombongan anggota DPRD Sanggau dalam kegiatan kunjungan Kerja ke PT.GKM take over (PT.Jarum).

Padahal sebelum berangkat para rombongan Anggota DPRD Kabupaten Sanggau komisi III dengan rombongan awak media saling bertatap muka dan minum dan sarapan bersama di warkop 99 Desa Balai Karangan Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau pada Selasa pagi (21/07/2020) sekitar pukul 09:00 hingga 10:30 WIB.

Tidak lama selesai menikmati sarapan pagi, para rombongan DPRD sanggau beranjak dari Warkop 99 dan langsung meluncur menuju ke Pabrik PT GKM.

Sesampainya dilokasi pintu pagar pabrik PT. GKM betapa sedih dan kecewa awak media terpaksa memutar balik haluan kendaraan mereka karena diminta untuk menunggu diluar, atas permintaan salah satu oknum dari anggota DPRD lewat Askep (Asisten Kepala) PT.GKM yaitu Andre Raja Gukguk.

“Bapak-bapak ini bukan termasuk rombongan dari kegiatan Dewan Sanggau jadi media tidak diperbolehkan masuk dan ikut dalam kegiatan audensi DPRD Sanggau karena tidak ada surat pemberitahuan yang diterima manager PT.GKM dari media pers sebelumnya,” ungkap Askep PT. GKM tersebut.

Ditambahkan Askep PT. GKM bahwa ketujuh wartawan tersebut berkeinginan masuk ikut kegiatan audensi. Menurutnya tidak hanya ketujuh wartawan ini saja ditolak tetapi Wartawan dari media RRI saja tidak diijinkan masuk.

Sehingga awak media merasa benar- benar dikucilkan dan ditolak mentah- mentah oleh Askep PT GKM tersebut kepada awak media, sekitar pukul 11:00 WIB. Hingga berita ini di turunkan.

Tidak lama kemudian, saat menunggu para rombongan anggota DPRD Sanggau keluar. Dan ketika akhirnya setelah melihat rombongan DPRD sanggau keluar dari kantor pabrik PT.GKM, awak media selanjutnya mengikuti arah kendaraan yg singgah ke kantor TC (Training Centre) milik PT.GKM.

Berharap bisa mendapatkan konfirmasi yang jelas dari salah satu anggota DPRD untuk menanyakan maksud dan tujuan kegiatan yang dilaksanakan oleh para rombongan DPRD Sanggau yang berada di kantor tersebut. Namun baru sampai di pintu gerbang masuk kantor TC rombongan awak media juga masih juga tidak mendapatkan pemberitahuan ijin masuk dari Security sampai pagarnya di gembok habis oleh Askep PT.GKM itu sendiri.

Jadi hal semacam inilah yang menuai pertanyaan setiap awak media yang hadir saat itu. Entah apa yang terselubungkan di balik kegiatan yang dilakukan rombongan DPRD di PT. Global Kalimantan Makmur saat itu. Hingga para wartawan tidak bisa menemui rombongan anggota DPRD Sanggau.

Hingga sampai saat ini juga awak media masih belum mendapatkan konfirmasi penuh dari rombongan DPRD Kabupaten Sanggau yang nantinya akan dilanjutkan kembali setelah mendapatkan informasi yang akurat dari anggota DPRD Sanggau.
( Fernando Manurung)

Editor : Christian Bostang Hutagaol