Oprasi Patuh Semeru 2020 Besok Dilaksanakan Polisi Akan Tindak Setiap Pelanggaran

SURABAYA,centralberita.id – Operasi Patuh Semeru 2020 kembali akan digelar oleh Jajaran Kepolisian termasuk Polrestabes Surabaya, seperti operasi atau Razia sebelumnya, Satlantas Polrestabes Surabaya akan mengutamakan serta mengedepankan giat Preemtif selain penindakan, yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 selama 14.

Operasi Patuh Semeru adalah giat preemtif itu guna terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar di lokasi rawan laka, pelanggaran dan macet. Serta meningkatnya ketertiban dan kepatuhan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas agar berkurangnya tempat penyebaran virus Corona (Covid-19)

Meski demikian semua pengendara diimbau mematuhi aturan berlalu lintas karena polisi akan menindak tegas pelanggar yang kasat mata seperti, melawan arus, pengendara motor tidak menggunakan helm serta pengendara kendaraan dibawah umur.

Sementara itu Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra mengatakan, tugas pokok Satlantas Polrestabes Surabaya adalah dalam bentuk Kamseltibcarlantas dengan mengedepankan giat preemtif serta giat penegakan Hukum.

“Nantinya penegakan hukum hanya sekitar 20 % dari preemtif guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri dalam rangka pencegahan virus corona (Covid-19) di jalan,” kata Teddy, Rabu (22/7/2020).

Teddy, menambahkan dalam Operasi Patuh Semeru 2020 ini target Prioritas Operasi dilaksanakan secara Tematik yang difokuskan kepada tiga pelanggaran utama di wilkum Polrestabes Surabaya Antara lain.

“Jangan melawan arus, pengendara motor tidak menggunakan helm serta pengendara kendaraan dibawah umur,”tambah AKBP Teddy Candra.

Sementara, jumlah keseluruhan anggota Polrestabes Surabaya yang dilibatkan adalah 345 personil dimana anggota Satlantas yang terlibat 125 personil. Petugas juga akan memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat tentang Kamseltibcarlantas dan bahaya Covid-19.

imbauan tersebut berupa giat sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, elektronik dan medsos.

“Kita juga akan melaksanakan giat sosialisasi penggunaan masker dan sosial distancing untuk pencegahan Covid-19,” tutup perwira dengan dua melati dipundaknya itu.

Sumber: Hms
Jurnalis: Zainul