Segera Lakukan Pemotongan Ruas Jalan Nasional Oleh Dinas PU Sintang Terkait Penyumbatan Drainase Jalan Cadika

SINTANG (Kalbar), Centralberita.id Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sintang, Murjani, kepada Denny LSM GALAKSI pada Kamis (23/07/2020) Via WhatsApp mengatakan, tindak lanjut pembangunan Drainase dan kerusakan jalan di simpang empat baning, akan segera dikerjakan

Hal tersebut didasarkan atas hasil pantauan Dinas PU Sintang, bahwa jalan tersebut rusak lagi. Hal ini dikarenakan drainase air tidak optimal sehingga merusak badan jalan yang sudah diperbaiki. Untuk itu pihaknya akan melakukan pemotongan badan jalan Nasional, sebagai alternatif mengatasi hal tersebut.

“Cara ini terbilang rumit tapi ini harus dilakukan mengingat pembuangan air parit yang paling utama dilakukan, baru bisa memperbaiki jalan tersebut. Pemotongan jalan dengan membuat drainase culvert lebar 4 m ini merupakan pekerjaan PU pusat karena jalan Nasional, sedangkan jalan candika dan Drainase itu tugas PU Kabupaten, jadi PU Sintang akan segera berkoordinasi dengan PUPR Pusat melalui P2JN cabang Kalbar di Pontianak,” kata Murjani Kadis PU kepada Denny dari LSM Galaksi Sintang via WhatsApp.

Rencana drainase atau gorong-gorong yang memotong jalan Nasional akan diteruskan aliran airnya melalui drainase disepanjang jalan candika samping Stadion Baning dan diteruskan ke Sungai Melawi.

“Dengan adanya Gorong-gorong memotong jalan Nasional akan bisa mengatasi ataupun mengurangi genangan banjir yang terjadi disaat hujan turun, sehingga jalan tersebut bisa segera diperbaiki,” ucap Kadis PU Murjani.

Menurut Denny dari LSM Galaksi, solusi ini sudah sangat tepat terkait planning pekerjaan yang Dinas PU Ajukan, kami akan lakukan pengawalan terkait etikat baik dari Kadis PU Sintang saya harapkan bisa terealisasi dengan melakukan planning Anggaran untuk kegiatan tersebut.

“Kami juga dari LSM Galaksi sangat mengharapkan kepada masyarakat setempat dan pengguna jalan agar bersabar karena kegiatan ini perlu pengajuan serta persetujuan ke Pemerintah Pusat terkait pemotongan badan jalan Nasional tersebut,” ungkap Denny.

Dijelaskan Denny juga jika ruas jalan yang rusak itu merupakan jalan protokol dan merupakan kewenangan Pemkab Sintang. Jadi yang dimaksud pemotongan badan jalan Nasional ini merupakan kewenangan pusat.

“Jadi kesimpulannya, buat dulu drainasenya baru jalan tersebut,” ucap Denny.

Denny juga menjelaskan bahwa semua butuh proses, biarkan mereka bekerja sesuai dengan Planning yang telah mereka pikirkan.

“Semoga jalan di Simpang empat Baning ini segera kita rasakan perbaikan dan perubahannya terutama kepada masyarakat setempat dan penguna jalan dan tidak ada lagi genangan air dijalan tersebut pada kondisi cuaca hujan turun,” pungkas Denny.

Editor : Christian Bostang Hutagaol