Tidak Hanya Corona, RW 05 Gambirlaya Utara Semprot Fogging untuk Hindari Nyamuk Demam Berdarah.

Insert foto: Petugas penyemprotan DBD di rumah warga.

CIREBON,centralberita.id – Peralihan musim atau pancaroba dari musim hujan ke musim panas menjadi ancaman tersendiri bagi masyarakat akan terkena virus nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk betina yang membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Sedangkan nyamuk Aedes aegypti jantan membawa virus zika, chikungunya dan demam kuning.

Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi ancaman penyakit yang muncul pada hampir setiap musim pancaroba. Untuk menghindari penyakit DBD tersebut, lingkungan RW 05 Gambirlaya Utara Kelurahan Kesepuhan Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon melakukan fogging atau penyemprotan pestisida atau insektisida untuk membasmi nyamuk demam berdarah.

RW.05 Gambirlaya utara Diding turun memantau kegiatan penyemprotan DBD.

Penyemprotan dilakukan di setiap rumah warga RW 05 Gambirlaya utara dan menyisir ke saluran air (got) dan ke kebun kosong tempat bersarangnya nyamuk demam berdarah.

“Kita sengaja semprot nyamuk berdarah agar nyamuk pada mati dan warga sehat wal ‘afiat,” ujar , Ketua RW 05 Gambirlaya utara Diding

Menurutnya, ini penting dilakukan untuk mencegah terjangkitnya demam berdarah. Selain itu, ia juga meminta kepada warga agar menjaga kebersihan, menguras penampungan air dan menjalankan pola hidup bersih di masyarakat.

Anggota Ibu PKK mengawasi penyemprotan DBD.

Sambil melakukan fogging, ia juga meminta kepada masyarakat agar melakukan physical distancing atau jaga jarak dan menghindari kerumunan, agar wabah virus corona yang melanda Indonesia dapat segera diatasi.

Menambahkan anggota Ibu PKK Lia Roliana, Kami berterima kasih dengan Puskesmas Kesunean yang merespon keinginan warga yang mendambakan fogging. Pasalnya nyamuk sangat banyak, baik siang dan paling parah malam hari, Kalau tidak di fogging kita khawatir ada warga terjangkit DBD, mudah-mudahan dengan fogging wabah DBD bisa dihindari,” tuturnya.

Jurnalis: Nurhari
Editor: Ma’sum Af