PT. BTL Gelar Rakoor Dan Simulasi Penanggulangan Karhutla

SANGGAU (Kalbar), Centralberita.id Dengan upaya dalam mengantisipasi bahayanya kebakaran hutan dan lahan pada Tahun 2020 saat ini PT. Bumi Tata Lesatari (BTL) pada Kamis (30/07/2020) adakan kegiatan rapat koordinasi.

Kegiatan pelaksanaan rakoor tersebut bertempat di halaman kantor PT. BTL yang terletak di Dusun Sungai Daun Desa Malenggang, Kecamatan sekayam, Kabupaten Sanggau sekaligus simulasi pencegahan penanggulangan Karhultra.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forkopincam Sekayam dan Forkopincam Noyan, Kepala Desa, Kepala Dusun dan serta para tokoh masyarakat.

Dalam penyampaiannya Albert Edwar Sitorus selaku pimpinan PT. BTL mengutarakan bahwa PT. Bumi Tata Lestari telah melakukan beberapa persiapan dalam pencegahan dan penanggulangan karhultra.

“Seperti melakukan koordinasi kepada Forkopincam Sekayam dan Noyan, sosialisasi kepada masyarakat dengan memberikan spanduk bahaya Karhutlra dan Peraturan Gubernur Pergub nomor 103 tahun 2020 tentang pembukaan lahan dengan kearifan lokal, melakukan pelatihan Tom Damkar PT. BTL dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yg ada di PT. BTL,” jelas Albert Edwar Sitorus.

Ditambahkan Albert Edwar Sitorus bahwa PT.BTL memiliki 2 regu petugas damkar yang jumlah personilnya sebanyak 30 orang. Disamping itu PT. BTL juga memiliki sarana dan prasarana Damkar, diantaranya yakni,sarana pengolaham data, sarana transportasi, dan jadwal patroli, yang mengacu pada Permentan nomor 05 tahun 2018.

“Kami rasa sarana dan prasaran kami sudah cukup memadai dan siap bekerja,” tambah pria yg lebih akrab dipanggil Sitorus.

Manager plasma dan CSR Agrina Plantation Yuspinus swisto, SP, pada saat memberikan arahan kepada tim pemadam kebakaran baik tim perusahaan maupun tim kecamatan, yang mengatakan bahwa PT. Bumi Tata Lesatari tidak ada melakukan pembukaan lahan dgn cara dibakar, tetapi sebagai mitra masyarakat, maka perusahan merasa perlu bersinergi dengan semua pihak agar bahaya karhutla tahun 2020 ini dapat diatasi secara bersama-sama.

“Hingga sekarang ini masyarakat kita telah memasuki masa tanam untuk mereka yg usahanya berladang, dan kemungkinan juga kita akan memasuki musim panas atau kemarau, maka kita harus waspada dan ikut bekerjasama dengan masyarakat dalam pembukaan lahan sesuai dengan aturan yang ada,”tambahnya.

Ditekankan oleh Yuspinus khususnya kepada Tim Damkar PT. BTL bahwa di tangan dan pundak pimpinan, keamanan dari nol titik api di PT. BTL dapat terwujud.

“Maka untuk itu mari kita bersinergi menjaga bumi kita ini agar tetap lestari. Unsur forkopincam Sekayam dan Noyan, menyambut baik kegiatan ini, dan menurut mereka, PT. BTL rutin melakukan koordinasi. Saya rasa PT. BTL sudah siap untuk menghadapi bahaya karhutla,” kata Bapak kapten M.Yunus Danramil Sekayam.

Mengakhiri dalam kegiatan sosialisasi Wakapolsek sekayam IPTU S. Sofyan mengajak masyarakat agar saling bersinegi untuk mencegah dan menanggulagi kebakaran hutan dan lahan.

“Dan mari kita membuka lahan sesuai dengan peraturan yang ada,” ungkap Wakapolsek Sekayam. (Fernando Manurung)

Editor : Christian Bostang Hutagaol