Ketua LSM GMBI Distrik Banyuwangi, Subandik Di Bawa Ke Polda JATIM.

BANYUWANGI, Centralberita.id – Hari ini Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) distrik Banyuwangi, Subandik langsung dibawa oleh petugas Kepolisian ke Polda Jawa Timur, setelah menjalani pemeriksaan di Mapolresta Banyuwangi atas dugaan penganiayaan terhadap seorang dokter piket RSUD Blambangan, Banyuwangi di beberapa waktu yang lalu.

Setelah Usai diperiksa, ketua LSM GMBI tersebut sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polresta Banyuwangi.

“Hari ini kita laksanakan penegakan hukum kepada saudara Subandik, dan yang bersangkutan sudah di bawa langsung Ke Polda, ” tegas Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Senin (3/8/2020).

Menurut Arman,  Ketua LSM tersebut ke Polda Jatim untuk kemudian dilakukan join investigasi. Polisi masih menduga, soal keterlibatan oknum – oknum lain dalam dugaan penganiayaan yang terjadi pada saat itu.

Penetapan status menjadi tersangka ini dilakukan setelah dilakukan sejumlah pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Setelah bukti-bukti kuat sudah dikantongi, maka hasil pemeriksaan pun menunjukkan bahwa, yang bersangkutan terbukti telah melakukan tindak kekerasan terhadap seorang dokter piket di RSUD Blambangan beberapa hari yang lalu.

“Setelah di lakukan pemeriksaan saksi dan barang bukti yang dikumpulkan, yang bersangkutan kita lakukan pengamanan,” ujarnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketua LSM tersebut dikenakan pasal 214 dan atau pasal 351 dan atau pasal 170 KUHP. Dengan ancaman selama 8 tahun penjara.

Sementara itu, Nanang Slamet, selaku pengacara Subandik mengatakan bahwa, pada posisi terakhir kali tadi, posisi Subandi bukan dalam posisi dilakukan penahanan. Namun masih penetapan tersangka.

Terhadap dugaan penganiayaan yang menyebutkan Subandik, bersama rombongan anggota GMBI lainnya, Nanang pun membantah. Dia menyebutkan, saat menemui dokter yang menjadi korban penganiayaan tersebut, Subandik mendatangi RSUD Blambangan seorang diri, tidak membawa anggotanya.

“Yang disampaikan oleh ketua LSM GMBI dalam hal ini pak Subandik, sama sekali tidak ada pengeroyokan. Dan waktu menemui dokter jaga itu seorang diri,” ujar Nanang.

Untuk diketahui saja, sebelumnya puluhan masa anggota LSM GMBI tersebut diketahui datang sejak pagi sekitar pukul 10.00 WIB hingga waktu petang sekitar pukul 18.45 WIB masih bertahan di depan Polresta Banyuwangi. (Oni/Mr. R).