Keresahan Warga Sosok Akan Bau Tidak Sedap Akibat Ulah Manager PLN Ranting Sosok Memelihara Ayam Pedaging

SANGGAU (Kalbar), Centralberita.id Baru-baru ini warga Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat di resahkan dengan adanya aroma yang tak sedap serta menyengat disekitar lingkungan Kantor (PLN) Perusahaan Listrik Negara Ranting Sosok Kamis (06/08/2020).

Selain itu, warga Sosok juga merasakan aroma tidak sedap itu sudah pasti berasal dari arah belakang kantor PLN tersebut, yang juga terdapat adanya peternakan ayam daging tepatnya dibelakang kantor PLN Sosok tersebut.

Semakin lama dibiarkan semakin lama juga keresahan warga yang berada di sekitar lingkungan itu membuatnya merasa tak menentu dan tak tenang juga akan aroma itu,sementara kandang ayam yang kepunyaan aslinya ternyata rupanya milik Manajer PLN Ranting Sosok yang berdomisili di kecamatan Tayan Hulu.

Adapun timbulnya aroma tak sedap yang di alami warga sosok, hingga wargapun sempat melaporkan hal itu kepada RT dan RW setempat untuk kiranya dapat menegur kepada pemilik ternak ayam tersebut. Namun dari laporan warga rupanya tidak membuahkan hasil yang baik, justru pihak PLN sosok tidak memperdulikan akan teguran itu dengan baik, seolah olah tidak ada masalah baginya atas keresahan warga yang sedang mengeluh saat itu.

Menurut anggota LSM Rakyat Menanti Keadilan (RMK) Haris Parlindungan Pasaribu kepada awak media ini mengatakan, memang benar adanya, pihak PLN Ranting Sosok, Tayan Hulu, memiliki ternak ayam daging yang efeknya aromanya menyengat dan tidak sedap membuat warga di sekitarnya tidak tahan hingga resah akan aroma tersebut.

“Hal itu juga memang sangat membuat warga di sekitar kantor PLN jadi gelisah tak menentu. Maka dari pada itu kami atas nama LSM RMK DPD Kabupaten Sanggau meminta kepada pihak manajer PLN Ranting Sosok, Tayan Hulu untuk segera membongkar kandang -kandang ayam tersebut dalam waktu dekat ini,” tegas Haris.

Selanjut kepada pimpinan PLN Cabang Sanggau, harus segera memberikan teguran kepada Manager PLN Ranting Sosok Tayan Hulu atas kecerobohannya membuat ternak ayam daging di dalam lingkungan kantor PLN yang berdampak bagi warga masyarakat yang berada di sekitarnya yang mana setiap saat dan setiap hari terpaksa harus mencium aroma dari kotoran ayam yang berasal dari areal kantor PLN,” tutupnya. (Fernando Manurung)

Editor : Christian Bostang Hutagaol