Polres Sintang Updating Operasi Aman Nusa II Covid-19

SINTANG (Kalbar), Centralberita.id Sudah beberapa bulan ini jajaran Polres Sintang sibuk dalam Operasi Aman Nusa II Covid 19. Operasi ini merupakan bentuk partisipasi aktif Kepolisian Republik Indonesia dalam penanganan penyebaran virus covid 19. Di Polres Sintang dibentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk menjalankan operasi ini.

Setiap hari, siang dan malam tim tak henti-hentinya memantau, mengawasi dan menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Bahkan tak segan-segan, para personil Polri ini mengenakan langsung masker kepada warga yang kedapatan tidak mengenakan masker di jalan.

“Tim satgas kita melaksanakan sosialisasi dan himbauan protokol kesehatan di lokasi kegiatan masyarakat seperti pasar, terminal, warkop (warung kopi) dan tempat berkumpulnya warga. Kita biasanya melakukan giat gabungan TNI Polri. Giat ini rutin dilaksanakan setiap hari pagi dan malam,” ungkap Iptu Haryanto selaku Kaposko Ops Aman Nusa II.

Dalam giat ini petugas mengingatkan kepada warga untuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan mulai dari penggunaan masker, cuci tangan secara rutin, jaga jarak pisik, dan melakukan pola hidup bersih.

“Kepada warga yang belum melakukan penerapan kedisiplinan protokol kesehatan petugas melakukan peneguran secara lisan agar selanjutnya wajib mengikuti instruksi yang diterapkan oleh pemerintah. Ini semua guna pencegahan peredaran atau peningkatan kasus terpaparnya warga masyarakat dari virus Corona,” tegas Iptu Haryanto di sela tugasnya.

Tak hanya di tengah masyarakat saja, kepatuhan dalam menjalankan protokol kesehatan berlaku di lingkungan Mapolres Sintang. Jumat (07/08/2020), dipimpin oleh Ipda Royce Erlando selaku pejabat Paur Kes Polres Sintang dilangsungkan kegiatan pengecekan suhu tubuh personil Polres Sintang saat akan melaksanakan aktivitas.

Tak hanya personil, tim juga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah ibadah khususnya masjid-masjid yang akan melaksanakan Sholat Jumat.

“Giat ini kita laksanakan sesuai dengan Inpres Nomor 6 tahun 2020 mengenai perlindungan kesehatan masyarakat. Hari ini kita lakukan cek suhu dan penyemprotan disinfektan di lingkungan Mapolres Sintang dan beberapa masjid lainnya. Pemantauan kesehatan dan pembersihan lingkungan memang kita lakukan secara berkala, untuk tetap menjaga kesehatan bersama,“ ungkap Ipda Royce. (Humas Polres Sintang)

Editor : Christian Bostang Hutagaol