Kreativitas Perajin Asal Desa Cibogo Bambu Jadi Kincir Air dan Kincir Angin

Insert foto: Kreativitas kerajinan kincir air

CIREBON.centralberita.id – Kreativitas perajin bernama Udin warga cibogo rt. 01 rw. 01 bambu menjadi sebuah kerajinan tangan yang berkelas. Bambu diubahnya menjadi kerajinan tangan yang khas. Ia membuat sebuah miniatur kincir air dan kincir angin yang cocok digunakan untuk hiasan taman.

Ia terhitung baru menggeluti usaha miniatur kincir air dan kincir angin ini dan umurnya masih seminggu buka usaha tersebut. Tapi, miniatur buatannya sudah melejit dan banyak orang yang mencari.

Kerajinan tangan buatannya memang terbilang unik dan beda daripada kerajinan tangan lainnya yang berbahan dasar bambu.

Udin sapaan akrab pria ini masih sibuk menata bambu – bambu bekas ini menjadi sebuah menara kincir air dan kincir angin.

Layaknya kincir air sungguhan, ia menatanya dengan sangat hati – hati. Jika tidak, kincir air dan kincir angin ini meskipun miniatur tidak akan berfungsi.

Ia tempelkan satu per satu bambu sehingga menjadi sebuah bentuk tubuh kincir air dan kincir angin yang kokoh. Setelah semua terpasang, ia mencoba kincir air dan kincir angin buatannya.

Kabel dicolokkan dan mesin kincir air dan kincir angin ini pun berputar. Perputaran mesin dan air ini menjadi tanda miniatur buatannya berfungsi maksimal.

Ia memasukkan kincir air dan kincir angin itu ke dalam sebuah tempat untuk dikirimkan ke salah satu pemesannya. Meski masih baru, omzet Udin juga dibilang sangat lumayan.

Ia menjelaskan, awalnya, banyak kesulitan dan rintangan dalam membuat kerajinan ini

Bagi dia, ini kerajinan sangat rumit. Dibutuhkan kesabaran dan keuletan agar bisa membiat kincir air dan kincir angin ini berfungsi secara maksimal.

“Saya jual berbagai motf dengan harga Rp 200.000, 300.000 – Rp 600.000, tergantung pesanan. Semakin rumit, semakin mahal. Sementara saya pasarkan lokal saja di desa cibogo atau ke teman teman saja . pungkasnya.

Menambahkan kuwu cibogo kecamatan waled kabupaten cirebon Achmad Hudori mengatakan saya selaku pemerintah desa ciboga merasa bangga dan mendukung dengan warga kami yang bernama udin rt. 01 rw. 01 bisa membuat kreativitas perajinan kincir angin dan kincir air dari bambu untuk hiasan kolom.

Jurnalis: Nurhari
Editor: Maksum Af