Lomba Nasi Tumpeng Meriasi HUT RI Ke 75, Desa Cibogo Kecamatan Waled Kabupaten Cirebon

Insert foto: tim penilai lomba nasi tumpeng 17 Agustusan

CIREBON,centralberita.id – Ratusan warga Desa Cibogo, Kecamatan Waled ikut memeriahkan lomba nasi tumpeng antar RT dan RW, serta mengikuti perlombaan yang lain, pada acara puncak dan penutupan pada, Minggu (16/8/2020).

Lomba nasi tumpeng ini menjadi puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 75 yang berlangsung di Aula Desa Cibogo.

Sebanyak 25 nasi tumpeng yang masuk nominasi penilaian, tampak dihiasi dengan beragam corak. Salah satu nasi tumpeng memiliki corak warna merah putih, menarik perhatian warga.

Ketua Panitia Tumpeng Danramil 2008 Waled Kapten Arh Atep Sutisna Iskandar mengatakan, sejumlah perlombaan yang digelar termasuk lomba nasi tumpeng ini untuk mempererat persatuan antar warga.

“Warga yang tinggal di sini datang dari beragam suku, agama, dan golongan. Nah, perlombaan semacam ini bisa mempererat kebersamaan dengan semangat Bhineka Tunggal Ika,” ujar Kapten Atep Iskandar yang juga menjabat sebagai Danramil 2008 Waled.

Kapten Atep Iskandar menambahkan, Semua nasi tumpeng yang diperlombakan ini kemudian disantap bersama warga setempat dalam suasana kebersamaan.

Juri sedang mencicipi aneka tumpeng.

Sekdes Cibogo Rina Nopiani, mengaku terharu karena tahun ini perayaan 17 Agustus 2020 mendapat sambutan antusias dari warga, terutama keterlibatan warga dalam berbagai perlombaan.

“Ini menggambarkan kita semua di sini makin kompak, terbukti semua warga berpatisipasi memeriahkan HUT Kemerdekaan RI,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kuwu) Cibogo, Achmad Hudori mengatakan mengapresiasi berbagai perlombaan yang digelar di Desa Cibogo. Achmad Hudori juga meminta agar kedepan kegiatan serupa bisa digelar lebih besar lagi dan melibatkan banyak pihak.

“Saya harapkan ke depan kegiatan ini bisa melibatkan warga di sekitar perumahan agar kebersamaan ini bisa menjadi lebih besar, dan acara tahun depan lebih meriah lagi,” ujar Kepala Desa (Kuwu) Cibogo

Menambahkan selama dua minggu, warga Desa Cibogo menggelar bebagai perlombaan, di bidang olahraga ada sepak bola, volly, tenis meja, bulu tangkis serta mulai lomba menghias gang, makan kerupuk, tarik tambang, lomba nasi tumpeng, dll. Para pemenang lomba mendapatkan sejumlah hadiah, termasuk piala bagi juara umum. Selain itu, warga juga berebut kesempatan dalam undian berhadiah yang berlangsung pada hari puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 75.

Jurnalis: Nurhari / Maman
Editor: Ma’sum Af