Gubernur Kalbar Perintahkan Perketat Keluar Masuknya Warga Dari Luar Kalbar

PONTIANAK (Kalbar), Centralberita.id Informasi kembali media ini terima, Minggu (23/08/2020) dari Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji, SH, M.Hum yang segera perintahkan agar aparat memperketat terhadap warga masyarakat yang datang ke Kalbar terutama dari luar Kalbar.

“Kenapa saya ketat terhadap mereka yang datang ke Kalbar dari luar Kalbar, ini karena hasil Laboratorium PCR menunjukan kandungan virus Corona dalam tubuh mereka yang terjangkit diluar Kalbar sekitar 380.000 hingga 12 juta bahkan 15 juta copies virus,” jelas Sutarmidji.

Sedangkan yang terjangkit di kalbar menurut penuturan Gubernur Karbar mengandung virus antara 10.000 hingga 100.000 copies virus, tapi karena OTG (orang tanpa gejala) jadi mudah menularkan pada orang lain.

“Sebab tanpa gejala, tapi kalau sama-sama pakai masker dan bicara jarak 2 meter aman,” demikian ungkap Sutarmidji

Ditambahkan Sutarmidji bahwa dengan bertambahnya kasus Covid-19 dari kabupaten Ketapang baru-baru ini akan meningkatkan kembali potensi penyebaran yang sangat luas lagi.

“Jangan bosan dengan info Covid-19 Hari ini kembali ada 33 positif Covid-19, 23 diantaranya hasil Razia pengunjung City Mall di Ketapang, ini lampu merah bagi gugus tugas Covid-19 Ketapang, saya khawatir masyarakat juga sudah banyak yang terjangkit,” himbau Sutarmidji.

Gubernur Kalbar menyarankan agar tempat-tempat umum segera di sterilkan dan bila perlu ditutup terlebih dahulu selama satu minggu.

“Walaupun yang sembuh ada 19 orang, saya akan gencarkan razia yang tidak pakai masker mulai senin dan setiap daerah wajib kirim swab 200 per minggu,” pungkas Sutarmidji. (Tim Kalbar)