Polres Melawi Dan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Melawi Tabur 6000 Benih Ikan

MELAWI (Kalbar), Centralberita.id Pangan merupakan penjamin kehidupan, sedangkan lingkungan merupakan penjamin keberlanjutan pembangunan. Penyelamatan ketahanan pangan dan jaminan keberlanjutan lingkungan (ekologis) merupakan dua hal yang harus dihadirkan bersama. Dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, tantangan semakin berat dalam menghadirkan keduanya sekaligus.

Untuk meningkatkan ketahanan pangan banyak cara dilakukan pemerintah, salah satunya yang dilakukan Polres Melawi dan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Melawi.

Pada hari Selasa (25/08/2020) Polres Melawi dan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Melawi. menebar benih ikan lele di Kolam ketahanan pangan Polres Melawi di Desa Batu Nanta.

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, SH, S.I.K, MH melalui Kapolsek Belimbing AKP Nono Partoyuwono, menyampaikan bahwa aktivitas tersebut dilakukan dalam rangka mendukung terciptanya ‘Kampung Sehat dan ketahanan pangan dalam menuju tatanan kehidupan baru.

“Kegiatan ini untuk memotivasi masyarakat dalam mengelola pekarangan dan perkebunan dan untuk memberi contoh kepada warga, bahwa untuk sekarang ini masyarakat harus memanfaatkan lahan sebaik-baiknya, jangan sampai lahan yang ada menjadi lahan tidur,” ucapnya.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan Kabupaten Melawi, Oslan Junaidi menjelaskan jumlah benih ikan yang ditebar di kolam ketahanan pangan Polres Melawi itu, berjumlah 6000 benih ikan lele.

“Sebanyak 6000 benih bibit ikan lele di lepaskan di kolam percontohan milik Polres Melawi di desa Batu Nanta, Kami berharap Kolam percontohan Polres Melawi ini benar-benar bisa menjadi contoh bagi masyarakat. sehingga nantinya dapat meningkatkan produksi perikanan yang dapat berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat” harapnya.

“Kami berharap dikolam percontohan Polres Melawi ini ikan bisa terjaga dan terawasi sehingga benih ikan dapat berkembang biak dengan baik,” tambahnya.

Selain itu Ketua DWP Distankan Kuncorowati, s. Sos juga serahkan bibit tanaman hortikultura kepada Ketua Bhyangkari Ranting Belimbing, Keg ini selain meningkat produktivitas juga menjaga ketahanan pangan masyarakat khususnya petani di musim pandemi Covid-19.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh sekretaris, kabid perikanan seluruh kasi d bidang perikanan dan penyuluh KKP Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Melawi. (Supardi Nyot)

Editor : Christian Bostang Hutagaol