Kuwu Cikulak Kidul Menyalurkan Bansos BST Tahap 4 dan 5 Terasa Membantu Saat Covid- 19.

CIREBON. Centralberita.id- Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos tahap 4 dan 5 telah disalurkan kepada masyarakat Desa Cikulak Kidul Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, di Aula Kantor Lembaga,  (27/08/2020).

Upaya mengurangi dampak pandemi covid-19 yang belum berakhir, Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Periode ini melalui PT Pos Indonesia (Persero).

BST Periode ini (Tahap 4 dan 5) ini merupakan lanjutan dari Periode sebelumnya yang sudah selesai pada Bulan lalu, selain itu pendistribusian BST kali ini bukan saja kelanjutan tahap 1, 2 dan 3, akan tetapi juga ada penambahan untuk masyarakat Desa Cikulak Kidul Kecamatan Waled yang belum pernah mendapatkan bantuan sama sekali dimasa pandemic covid 19 saat ini.

Secara Nasional PT. Pos Indonesia telah mendistribusikan diterima masyarakat Desa Cikulak Kidul Kecamatan Waled  sebanyak 318 penerima manfaat (BST) bantuan sosial tunai periode III tahap empat dan lima.

Turut hadir dalam pengawasan pendistribusian BST, Kepala Desa (Kuwu)  beserta staf perangkat desa, beserta jajaran, pihak PT Pos Indonesia (persero), Bhabinkamtibmas, Babinsa, BPD dan Tokoh masyarakat, RT, RW.

Kepala Desa (Kuwu) Cikulak Kidul Nastori mengungkapkan masyarakat Desa Cikulak Kidul memang kependudukannya luar biasa banyak, maka dari itu Ia pun sangat bersyukur di masa pandemic covid 19 saat ini pemerintah pusat telah memperhatikan masyarakatnya.

“Terhitung banyaknya kepala keluarga (KK) sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum sama sekali merasakan bantuan di masa pandemic covid 19 baik itu dari bantuan BLT DD, BST kemensos, PKH, BPNT, dan bantuan bansos lainnya, tetapi kami akan terus berusaha untuk mengajukannya,” ungkapnya.

318 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). uang bantuan yang diberikan kepada setiap KPM Rp 300.000- per bulan, namun pencairan hari ini diberikan untuk dua bulan, jadi masyarakat menerima uang bantuan sebesar Rp 600 000.

“Kami menghimbau kepada masyarakat di masa pandemi Covid 19, mematuhi himbauan pemerintah yaitu jangan membuat acara pesta resepsi karena akan membuat kerumunan, jaga jarak, tetap pakai masker, rajin cuci tangan dengan air bersih karena selain menjaga kesehatan kebersihanpun juga sebagian dari Iman,” himbaunya Nastori.

Hendra (37 tahun ) warga Cikulak Kidul penerima BST sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui Kemensos ini dalam bentuk uang tunai.

“Terimakasih kepada pemerintah, Kemensos dan Kepala desa (Kuwu) serta aparatur Desa Cikulak Kidul yang telah membantu saya dan keluarga untuk mendapatkan bantuan sehingga bisa mengurangi beban kami untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ucapnya.

 

Maman/Nurhari