Ditreskrimum Polda Jatim Tangkap Pelaku Pencurian Dan Pemalsuan Kendaraan Roda Dua


Surabaya, Centralberita.id- Anggota Subdit lll Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim berhasil mengungkap dan menangkap Pelaku kejahatan dengan Modus pencurian dan pemalsuan Nomer Rangka Kendaraan Roda 2.

Bahwa sesuai pesanan penadah dengan pelaku 3 tersangka berasal dari daerah pasuruan, Jumat (4/9/2020).

Dalam Konferensi Pers Kabidhumas Polda Jatim Kombes pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.l.K., didampingi Kompol Oki Ahadian Purnomo S.I.K M.H Ditreskrimum Polda Jatim dan jajaran mengatakan, berdasarkan adanya 3 laporan ini yakni sejak (26-5-2020), kemudian pada Tanggal 30 Juni sampai 30 July 2020 penyidik berhasil mengamankan tiga tersangka yakni dengam inisial SKH, Y, C yang memiliki peran masing-masing berbeda dalam menjalankan aksi kejahatannya.

“Ada yang bertugas sebagai Joki atau membawa kendaraan pada saat melakukan pencurian dan pemberatan(curanmor) Roda 2 dan ada pula lagi bagian eksekusi melakukan tindakan pengerusakan dan membawa kabur kendaraan roda 2 dan yang terakhir bagian menerima hasil curanmor atau Penada,” Ungkapnya.

Ditambahkannya, Biasanya para tersangka melakukan tindak kejahatan berdasarkan request atau pesanan. Dengan canggihnya dan keahliannya para pelaku mempunyai kemampuan merubah nomer rangka, nomer mesin kendaraan.

”Hasil kejahatan pencurian dirubah sesuai surat dimiliki oleh penadah, dari kemampuan ini kemudian seolah-olah kendaraan hasil curian sah sebagaimana yang teregister direktorat Lalu lintas atau dibagian registrasi dan indentifikasi,” Bebernya.

Selain tersangka, Kami amannkan juga Barang bukti berupa 1 buah kunci T, 3 buah dompet warna coklat, 3 buah HP, Empat unit kendaraan roda 2, Sebanyak 4 buah STNK dan BPKB, 1 unit mesin do pin warna putih, 1 buah kompresor dan spray, 1 buah grenda, 1 buah cat pilox, 1 buah Hair Dryer, 1 tuas besi ukir dan 1 set besi bergambar huruf dan angka.

“Disamping itu kami juga amankan 1 set peralatan kunci, 1 buah plat besi, 1 buah celana jeans warna abu-abu, 1 buah helm warna hitam, 2 buah kunci L, 1 buah obeng, 1 lembar bukti pembayaran Pajak dan 1 buah kotak warna hitam,” Jelasnya.

“Terhadap tersangka akan dijerat Pasal 363 KUHP Pencurian dengan pemberatan(Curat), Pasal 263 KUHP, jo 266 KUHP, jo 480 KUHP Pemalsuan Surat atau Persengkongkolan jahat atau penadah,” Bebernya.

Ditambahkannya, Kami menghimbau kepada masyarakat Jawa Timur agar membeli sepeda motor dengan berhati hati banyak yang dirubah nomer Rangka dan mesin.

“Kami juga memberikan informasi ke apsahan terhadap register nomer rangka dan nomer mesin,” Tuturnya. (Fauzi)