Jurnalis Senior Kalbar Handy Abdul Syukur Tutup Usia

PONTIANAK (Kalbar), Centralberita.id Kabar duka datang dari dunia jurnalistik Kalbar, seorang jurnalis senior yang juga salah satu pendiri Partai Hanura Kalbar, Handy Abdul Syukur informasi yang diterima media ini bahwa Handy telah meninggal dunia. Informasi meninggalnya Handy Abdul Syukur terjadi pada hari Minggu sore (06/9/2020) sekitar pukul 17:30 WIB di Rumah Sakit Antonius Pontianak.

Handy Abdul Syukur meninggal dunia dalam usia yang ke 62 tahun, Almarhum disemayamkan di rumah duka, Jalan Tanjung Harapan, Pontianak.

Dikonfirmasi terkait kabar tersebut anak Almarhum Muhammad Rio Alfiansyah alias Anca, membenarkannya informasi tersebut.

“Apabila selama hidup didunia almarhum ada melakukan kekhilafan maupun kesalahan atas nama keluarga besar mohon dimaafkan,” ungkap Anca dengan nada sedih.

Menurut, sejumlah jurnalis yang pernah bersama-sama membesarkan nama media lokal di Kalbar salah satunya yaitu Nasir Putra mengatakan bahwa almarhum merupakan sosok yang gigih dan power full dalam dunia jurnalistik. Betapa tidak, disaat bisnis media yang semakin sulit di Kalbar, almarhum tetap semangat menerbitkan media cetak lokal, meskipun sampai rugi.

“Handy Abdul Syukur, di mata saya adalah seorang wartawan sejati. Kebandelan, kenakalan, keisengan yang dibuatnya adalah keisengan seorang jurnalis yang tak bisa diam dan selalu resah melihat keadaan nasib para pekerja pers lokal. Sejumlah mantan anak buahnya sebagian besar tetap berkiprah dalam dunia jurnalistik dan ada beberapa yang memilih profesi lain,” ujarnya Nasir Putra.

Nasir Putra juga mengatakan bahwa almarhum semasa hidupnya pernah mendirikan Majalah Blanad, Majalah Plus Belda pada tahun 1999, Koran Mingguan Media Daerah, Nusantara Post dan mengembangkan bisnis percetakan.

“Beliau juga anggota aktif PWI Kalbar tercatat sebagai pendiri Partai Hanura Kalbar, Partai Nasional Republik, PPPI Kalbar, Ikatan Alumni SMA Santo Paulus serta mendirikan organisasi profesi Aliansi Wartawan Media Lokal Kalbar,” jelas Nasir Putra.

Alhamrhum disemayamkan di rumah duka Jalan Tanjung Harapan/Jalan Media No. 98 Pontianak Selatan dan akan dikebumikan hari Senin ini (07/09/2020) di pemakaman umum Jalan Media. (Fernando Manurung)

Editor : Christian Bostang Hutagaol